Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Semua Dapat Kartu Pintar

Kompas.com - 25/10/2012, 19:18 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI terus menggenjot realisasi pemberian dan berlakunya Kartu Jakarta Pintar. Dimulai dengan pemberian 10.000 kartu pada siswa di jenjang pendidikan menengah (SMA/SMK) di sepanjang 2012, nantinya kartu ini akan dimiliki oleh seluruh peserta didik jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan menengah (SD-SMA).

Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo membenarkan adanya rencana tersebut. Dijelaskannya, Pemerintah Provinsi DKI telah merancang estimasi anggaran untuk menyokong kebijakan itu. Dalam simulasi awal, DKI siap menyediakan Rp 3 triliun yang berasal dari pos anggaran Biaya Operasional Pendidikan (BOP) dalam APBD.

"Berdasarkan simulasi sementara total BOP 2013 mencapai Rp 3 triliun. Lebih banyak dari anggaran BOP di tahun sebelumnya," kata Rio saat ditemui Kompas.com seusai menghadiri rapat bersama Badan Anggaran DPRD, di gedung DPRD DKI, Kamis (25/10/2012).

Rio menjelaskan, plafon Kartu Pintar dibedakan untuk setiap jenjangnya. Jika siswa SMA/SMK mendapat Rp 240.000 per bulan, siswa SMP bakal menerima Rp 210.000 dan Rp 180.000 untuk siswa SD. Dana sejumlah itu bisa digunakan para siswa untuk menutupi kebutuhan personal pendidikannya.

"Penyebarannya bisa dibedakan, 80 persen untuk sekolah negeri, dan sisanya untuk siswa di sekolah swasta," ujarnya.

Untuk diketahui, pemberian Kartu Pintar mulai dilaksanakan di akhir 2012 ini pada 10.000 peserta didik di bangku SMA/SMK. Sebanyak 3.000 kartu akan dibagikan pada 10 November di tujuh pemukiman padat dan kumuh, sementara sisanya diberikan kemudian secara bertahap oleh pihak terkait.

Anggaran untuk Kartu Pintar di 2012 ini berasal dari dana lebih dalam pos anggaran Beasiswa Rawan Putus Sekolah yang merupakan program Gubernur DKI Fauzi Bowo. Bekerja sama dengan Bank DKI, format kartu ini akan berupa kartu ATM yang standarnya sesuai dengan ketentuan dari Bank Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com