Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perjalanan Si Pembawa Senjata Rakitan Menuju Istiqlal

Kompas.com - 26/10/2012, 13:22 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sudirman alias SDM (40), pria asal Tegal, Jawa Tengah, datang ke Jakarta dari daerah asalnya menggunakan bus. Menurut pemeriksaan polisi, pria tersebut mengaku berniat mengikuti shalat Id di Masjid Istiqlal Jakarta.

"Dia dari Tegal ke Jakarta naik bus, dari pemeriksaan katanya mau mengikuti shalat Id di Masjid Istiqlal," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (26/10/2012).

Sementara itu, berdasarkan informasi di Unit IV Direktorat Resmob Polda Metro Jaya, Sudirman datang dari Tegal menuju Jakarta menggunakan salah satu PO bus dengan tujuan akhir Pulogadung. Namun, ternyata dalam perjalanan dirinya sempat bablas sampai di Tangerang.

Sudirman pun kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan menuju Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Sampai di situ, Sudirman naik taksi menuju Monas.

Barulah sesampainya di Monas, Sudirman berjalan kaki menuju Istiqlal. Pria yang memakai peci dengan pin bendera merah putih serta lambang Garuda itu sempat berujar membawa oleh-oleh untuk keluarga di Jakarta. "Bawa mangga satu dus, buat oleh-oleh saudara," ujarnya singkat di ruangan Unit IV Resmob Polda Metro Jaya.

Selain itu, sejumlah barang lain yang dimiliki Sudirman juga didapati oleh petugas, yakni uang Rp 300.000, KTP Tegal, tasbih, satu dus kecil buah mangga, fotokopi akta kelahiran, kartu Astek, KTP musiman, serta kartu OSIS.

Adapun selain sejumlah barang di atas, barang lain yang dibawa dan membuat Sudirman barurusan dengan pihak berwajib yakni sepucuk senjata rakitan, tiga benda mirip kepala anak panah (seperti peluru), dua buah skrup, dua potong batangan kecil aluminium, dan satu butir klahar. Kini Sudirman masih dimintai keterangan di ruangan Unit IV Resmob Polda Metro Jaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com