Kompas.com - 27/10/2012, 19:23 WIB
Penulis Joe Leribun
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 15 Oktober 2012 lalu, agenda utama Joko Widodo ialah jalan-jalan. Blusukan mengunjungi kawasan kumuh, pasar tradisional, dan daerah-daerah yang menjadi langganan banjir. Pria yang akrab disapa Jokowi itu seakan tak lelah, baik siang maupun malam mendatangi permukiman penduduk yang dianggapnya perlu mendapat perhatian dari pemerintah.

Tidak hanya itu, Jokowi juga tidak segan-segan melakukan inspeksi mendadak pada instansi-instansi pemerintah Pemprov DKI Jakarta. Menurut Jokowi, keberhasilan seorang pemimpin salah satunya ditentukan oleh kemampuannya mengenal siapa yang dia pimpin dan situasi lapangan di mana dia memimpin.

"Yang penting itu kan kuasai lapangan. Lihat dan dengar apa yang terjadi di lapangan, perhatikan, baru ditanggapi. Jadi pemimpin jangan hanya duduk saja di kantor," kata Jokowi, Sabtu (27/10/2012).

Hal tersebut disampaikan Jokowi usai inspeksi mendadak di Kantor Pemadam Kebakaran di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Jokowi bersama istri juga sempat bersalaman dengan kerumunan massa yang mendatanginya.

"Buat Jakarta kayak Solo ya, Pak," kata salah seorang dari kerumunan warga itu.

Jokowi tersenyum dan mengacungkan jempol kepada orang tersebut. "Kita bangun Jakarta sama-sama lah," jawab Jokowi.

Sejak Sabtu pagi, Jokowi kembali berkeliling Jakarta mengendarai Kijang Innovanya diikuti dua sepeda motor pengawal dari Dinas Perhubungan. Jokowi beserta istrinya, Iriana, meninjau Kali Poncol, Kecamatan Mampang, Kelurahan Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Inspeksi mendadak ini sontak menjadi perhatian warga.

Saat melakukan sidak, seperti biasa Jokowi memilih mengendarai Kijang Innovanya diikuti dua sepeda motor pengawal dari Dinas Perhubungan. Jokowi beserta istrinya, Iriana, meninjau Kali Poncol, Kecamatan Mampang, Kelurahan Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Inspeksi mendadak ini sontak menjadi perhatian warga.

"Kami juga kaget kok pas Pak Jokowi datang, tadi dia tidak banyak ngomong. Cuma datang lalu memerhatikan kali, setelah itu ke kantor lurah, terus pulang," ujar Nurdin, warga yang tinggal di tepi Kali Poncol.

Saat sidak, Jokowi merasa khawatir dengan kondisi perumahan di pinggir kali itu. ""Rencananya rumah yang tidak layak huni di sekitar sini, akan dikeruk," katanya tanpa penjelasan lebih lanjut.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.