Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Refleksi Sumpah Pemuda di Tugu Pemuda Balikpapan

Kompas.com - 27/10/2012, 22:25 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com -- Mahasiswa dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Balikpapan, Kalimantan Timur, menggelar refleksi Sumpah Pemuda, di Tugu Pemuda KNPI, Sabtu (27/10/2012) malam. Mereka mengajak kaum muda meneladani semangat Sumpah Pemuda yang mempersatukan.

"Kami ingin bersama-sama mengingat apa yang terjadi ketika dulu Sumpah Pemuda digaungkan. Dulu, pemuda-pemudi bisa berkumpul, membicarakan tentang masa depan negara yang akan menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dulu, tentu sulit sekali dalam hal komunikasi dan transportasi, tetapi mereka bisa menwujudkan apa yang mereka cita-citakan," tutur Bakti Rahmadani, juru bicara kegiatan tersebut, yang juga mahasiswa Politeknik Balikpapan.

Anak-anak muda sekarang, kata dia, diberi banyak kemudahan namun pada akhirnya menjadi penyakit, karena banyak anak muda terjebak hal-hal negatif seperti narkoba dan tawuran. "Tugas anak muda sekarang adalah meniadakan penyakit seperti itu," ujarnya.

Tampil sebagai pembicara dalam acara tersebut, antara lain Ketua DPRD Balikpapan Andi Burhanuddin Solong. Acara dimeriahkan juga oleh teater yang dibawakan Teater Pondok Revolusi, yang menceritakan kilas balik terwujudnya Sumpah Pemuda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com