Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalahkan Juara Bertahan, Disingkirkan China

Kompas.com - 28/10/2012, 08:29 WIB

CHIBA, Kompas.com - Tim junior Indonesia berhasil memenuhi target dengan melaju ke babak semifinal beregu campuran World Junior Championships 2012.

Indonesia menyingkirkan Malaysia yang merupakan juara bertahan, dengan skor 3-1, sepetyi diotulis situs PBSI.
 
“Kami bangga dengan perjuangan anak-anak yang pantang menyerah, akhirnya kita bisa memenuhi target ke semifinal. Peluang menghadapi China memang berat, tapi tak ada yang tak mungkin. Kami akan tetap berusaha dulu” ujar Maria Fransisca, Manajer Tim Indonesia.
 
Hasil ini merupakan pencapaian yang lebih baik jika dibandingkan dengan hasil tahun lalu dimana Indonesia harus menyerah dari tim Thailand di perempat final. Indonesia akhirnya menempati posisi ketujuh.

Namun di semifinal, tim Indonesia harus mengakui keunggulan tim rakasasa China pada babak semifinal beregu campuran World Junior Championships 2012 dengan skor akhir 1-3. Dengan demikian, Indonesia gagal melangkah ke partai puncak.
 
Meskipun demikian, hasil ke babak semifinal ini sudah memenuhi target yang ditetapkan. Pada tahun lalu, Indonesia harus berada di peringkat ketujuh usai kandas dari Thailand di perempat final.

China merebut poin pertama lewat pasangan ganda campuran Yilu Wang/Qingchen Chen yang mengalahkan Alfian Eko Prasetya/Shela Devi Aulia dengan skor 21-18, 21-17. Kekalahan tunggal putra Arief Gifar Ramadhan atas Song Xue, 14-21, 8-21, kembali menambah keunggulan tim China 2-1.

Ganda putra Hafiz Faisal/Putra Eka Rhoma berhasil menahan laju tim lawan yang merupakan unggulan kedua ini dengan merebut partai ketiga. Hafiz/Putra menang atas Yunchen Liu/Ningyi Zhang dengan skor 24-22, 23-21.
 
“Kami bermain tenang sekali, tidak gentar melawan China, karena kami yakin bisa menang. Beberapa kali kami bermain terlalu terburu-buru, saat berhasil meraih konsentrasi kembali, kami akhirnya bisa mengakhiri permainan” ujar Putra yang ditemui usai pertandingan.

Pemain tunggal putri andalan China, Sun Yu, menjadi penentu kemenangan timnya usai menundukkan Hanna Ramadini di partai keempat. Sun tampaknya terlalu tangguh untuk Hanna, pemain Indonesia ini menyerah dari Sun dalam dua gim langsung, 10-21, 10-21.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com