Kompas.com - 28/10/2012, 08:51 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Kirab Budaya Rakyat Jakarta rencananya akan dicatat di Museum Rekor Indonesia (MURI).

Hal itu dikatakan Ketua Pelaksana Kirab Budaya Jakarta 2012, Krisbudiharjo saat ditemui Kompas.com, sesaat sebelum acara tersebut dibuka secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), Minggu (28/10/2012), di depan gedung Balai Kota Jakarta. "Insya Allah acara ini bakal masuk MURI, tapi pelaksanaannya nanti siang di dalam Monas," kata Krisbudiharjo.

Ia menjelaskan, ada beberapa kemungkinan rekor yang akan dicatat oleh kegiatan ini. Di antaranya adalah pameran busana daerah terbanyak, atau pameran busana daerah dengan jumlah model terbanyak. Secara tujuan, kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda sekaligus menjadikan Jakarta sebagai etalase budaya nusantara berbasis kebudayaan Betawi. "Mungkin dua kategori itu, tapi kita belum tahu pastinya," jelas dia.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini tercatat ada 10.020 peserta yang terdiri dari 347 grup dari Jakarta dan luar Jakarta. Beberapa daerah dari luar Jakarta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Surakarta, Pekalongan, Magelang, dan Kalimantan Tengah.

Sampai berita ini diturunkan, Kirab Budaya Rakyat Jakarta 2012 baru saja dibuka oleh Jokowi. Satu per satu grup berkarnaval melintasi Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Sarinah dan berakhir di panggung rakyat yang berada di dalam Monas.

Panggung rakyat sendiri akan diramaikan oleh berbagai pertunjukan seni dan festival jajanan kuliner dari 33 provinsi. Kegiatan ini akan selesai pada pukul 10.30 Wib. Situasi lalu lintas di sekitar jalan yang dilalui terpantau padat. Selain karena badan jalan yang disulap menjadi cat walk jalanan, juga karena ribuan masyarakat yang tumpah di sekitar area tersebut.

Sementara itu, Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup sselama kegiatan ini berlangsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.