Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirab Budaya Jakarta Bakal Masuk Rekor MURI

Kompas.com - 28/10/2012, 08:51 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Kirab Budaya Rakyat Jakarta rencananya akan dicatat di Museum Rekor Indonesia (MURI).

Hal itu dikatakan Ketua Pelaksana Kirab Budaya Jakarta 2012, Krisbudiharjo saat ditemui Kompas.com, sesaat sebelum acara tersebut dibuka secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), Minggu (28/10/2012), di depan gedung Balai Kota Jakarta. "Insya Allah acara ini bakal masuk MURI, tapi pelaksanaannya nanti siang di dalam Monas," kata Krisbudiharjo.

Ia menjelaskan, ada beberapa kemungkinan rekor yang akan dicatat oleh kegiatan ini. Di antaranya adalah pameran busana daerah terbanyak, atau pameran busana daerah dengan jumlah model terbanyak. Secara tujuan, kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda sekaligus menjadikan Jakarta sebagai etalase budaya nusantara berbasis kebudayaan Betawi. "Mungkin dua kategori itu, tapi kita belum tahu pastinya," jelas dia.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini tercatat ada 10.020 peserta yang terdiri dari 347 grup dari Jakarta dan luar Jakarta. Beberapa daerah dari luar Jakarta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Surakarta, Pekalongan, Magelang, dan Kalimantan Tengah.

Sampai berita ini diturunkan, Kirab Budaya Rakyat Jakarta 2012 baru saja dibuka oleh Jokowi. Satu per satu grup berkarnaval melintasi Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Sarinah dan berakhir di panggung rakyat yang berada di dalam Monas.

Panggung rakyat sendiri akan diramaikan oleh berbagai pertunjukan seni dan festival jajanan kuliner dari 33 provinsi. Kegiatan ini akan selesai pada pukul 10.30 Wib. Situasi lalu lintas di sekitar jalan yang dilalui terpantau padat. Selain karena badan jalan yang disulap menjadi cat walk jalanan, juga karena ribuan masyarakat yang tumpah di sekitar area tersebut.

Sementara itu, Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup sselama kegiatan ini berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com