Kompas.com - 28/10/2012, 10:08 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menerima piagam dari Museum Rekor Indonesia (MURI), Minggu (28/10/2012), di tugu Monas, Jakarta. Penghargaan yang diberikan oleh MURI berkaitan dengan penyelenggaraan Kirab Budaya Rakyat Jakarta yang menghadirkan puluhan ribu peserta dengan berbusana daerah.

Deputi Manager MURI, Damian Awan Rahargo yang mewakili Jaya Suprana memberikan piagam itu kepada Jokowi menjelaskan, Jakarta tercatat sebagai pemegang rekor internasional atas inisiasinya menggelar Kirab Budaya Rakyat Jakarta. Dalam kegiatan itu, hadir tidak kurang dari 10.020 peserta yang seluruhnya menggunakan pakaian daerah.

"Untuk pertama kalinya hanya terjadi di Jakarta dan tak ada di belahan dunia lain, Jakarta sebagai pemegang rekor peragaan busana dengan jumlah peserta berpakaian daerah terbanyak," kata Damian.

Untuk diketahui, Kirab Budaya Rakyat Jakarta pertama sengaja digelar hari ini sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda dan menjadikan Jakarta sebagai etalase budaya nusantara yang berbasis budaya Betawi. Jumlah 10.020 peserta yang ikut meramaikan kegiatan ini berasal dari 347 grup dari Jakarta dan berbagai daerah lain di luar Jakarta.

Selain peragaan busana, kegiatan ini juga diramaikan dengan pertunjukkan tari-tarian daerah, ondel-ondel, barongsai, dan pusat jajanan kuliner dari 33 provinsi.

Pagi tadi Jokowi membuka kegiatan ini ditandai dengan penekanan tombol sirine. Kegiatan berlangsung dengan long march dari depan gedung Balai Kota dan berakhir di panggung rakyat di area tugu Monas. Ribuan masyarakat tumpah memadati jalan-jalan di sekitar Monas, situasi lalu lintas terpantau padat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.