Kompas.com - 28/10/2012, 10:41 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) ikut berjalan kaki bersama ribuan peserta Kirab Budaya dan warga masyarakat di sekitar tugu Monas, Jakarta, Minggu (28/10/2012). Ia mengaku, takjub dengan antusias masyarakat DKI yang ikut meramaikan gelaran Kirab Budaya Rakyat Jakarta 2012 ini.

 "Antusias masyarakat pada kegiatan ini sangat baik, kita harus pikirkan event serupa yang manajemennya lebih baik untuk menampung kreativitas semua warga, khususnya pemuda," kata Jokowi.

Ia menjelaskan, kegiatan Kirab Budaya hanya dipersiapkan selama sepuluh hari. Namun, dirinya optimistis acara dapat berlangsung baik dengan persiapan yang singkat ini. "Persiapannya cuma sepuluh hari, maka ke depan manajemennya akan lebih baik," ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti 10.020 peserta yang terdiri dari 347 grup dari Jakarta dan luar Jakarta. Beberapa daerah dari luar Jakarta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Surakarta, Pekalongan, Magelang, dan Kalimantan Tengah.

Dengan banyaknya peserta tersebut, kegiatan ini dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai parade busana daerah dengan jumlah peserta terbanyak. Jokowi menerima penghargaan itu secara langsung dari Deputy Manager MURI, Damian Awan Rahargo.

Situasi lalu lintas di sekitar jalan yang dilalui terpantau padat. Selain karena badan jalan yang disulap menjadi cat walk jalanan, juga karena ribuan masyarakat yang tumpah di sekitar area tersebut. Sementara itu, Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup selama kegiatan ini berlangsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.