RAPBD 2013 Masih "Fokeisme", Jokowi Bakal Tersandera?

Kompas.com - 28/10/2012, 14:53 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Rancangan APBD DKI untuk tahun 2013 dinilai masih belum mencerminkan karakter dan tak sesuai dengan visi misi Gubernur DKI Joko Widodo. Bahkan pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti, Yayat Supriatna menilai RAPBD DKI 2013 masih kental aroma "Fokeisme".

"RAPBD DKI untuk tahun depan masih Fokeisme dan belum Jokowi banget. Kalau ini direalisasikan maka Jokowi akan tersandera oleh janji-janjinya sendiri," kata Yayat dalam sebuah diskusi membahas RAPBD DKI 2013, di Cikini, Jakarta, Minggu (28/10/2012) siang.

Yayat menjelaskan, berdasarkan RAPBD DKI 2013 yang ia peroleh pada awal Oktober lalu, masih banyak mata anggaran yang peruntukkannya tak sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Provinsi DKI Jakarta.

Padahal menurutnya, penentuan anggaran harus merujuk pada RPJM dan RPJP yang telah ditentukan beberapa bulan sebelumnya. "Harusnya RAPBD dibuat dengan mengusung RPJM-RPJP, kan DKI memiliki Peraturan Daerah mengatur itu. Kalau tak merujuk, untuk apa agenda pembahasan RPJM-RPJP," ungkapnya.

Untuk diketahui, RAPBD DKI 2013 ada dalam masa peralihan Fauzi Bowo - Joko Widodo. Sejatinya, pembahasan RAPBD telah dimulai beberapa bulan sebelum Jokowi dilantik sebagai gubernur DKI pada 15 Oktober 2012 lalu.

Oleh karenanya, banyak hal dalam RAPBD DKI tahun depan yang mengusung program gubernur sebelum Jokowi. "Kita harus bongkar, kita dorong demi menyelamatkan visi misi gubernur DKI yang baru. Karena itulah artinya Pilkada, harus membawa perubahan," tandas Yayat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.