Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Disidak Jokowi, Rusun Marunda Bersolek

Kompas.com - 29/10/2012, 20:56 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Paskasidak Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau yang akrab di sapa Jokowi, di Rumah Susun Sewa (Rusunawa), Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, proses rehab dan juga penataan taman terus berjalan. Dalam sidaknya pada Jumat (26/10/2012) malam, Gubernur mengecek kesiapan huni dan berbagai fasilitas yang ada di sana.

Ditemui wartawan, Teknisi Rusun Marunda Cluster A dan B, Otong (47) mengatakan, proses pengerjaan masih terus berjalan di beberapa blok di Cluster B. Di sana sudah ada tiga blok yang dinyatakan siap dihuni.

"Di sini proses pengecatan sudah ada pada 3 blok, di blok 7, 8, 9 sudah siap dihuni tinggal mengkonek (menyambung) listriknya saja. Kalau dua blok lain sudah ada penghuninya, yaitu di blok 1 dan 5," kata Otong di Rusun Marunda Cluster B, Senin (29/10/2012).

Dijelaskan Otong, berbagai perencanaan penataan sudah mulai dilakukan. Dari mulai penataan taman, pembuatan pos jaga, dan juga proses pemasangan listrik di Rusun Marunda Cluster B.

"Di depan sama di belakang lagi di kerjakan dua pos kemanan (di Cluster B), nanti dibangun, lagi proses," ujar Otong.

Sedangkan mengenai taman, Otong mengatakan, akan ada proses penanaman tanaman jenis mangga dengan jumlah yang banyak.

"Rencananya mau ditanam pohon mangga, besok secara simbolis ada 200 bibit pohon, nanti juga mau ditambah 2.000 pohon mangga lagi dari Dinas Pertanian," kata Otong menjelaskan.

Dalam satu blok bangunan, Otong mengatakan terdapat lima lantai yang terdiri 20 pintu. Total dari lima lantai pada satu blok bangunan, terdapat 100 pintu ditambah 8 pintu dilantai dasar untuk kegiatan usaha seperti warung.

Di Cluster B, ucap Otong, sudah ada 10 blok yang sudah jadi bangunan. Satu blok lagi rencananya akan dibangun namun terkendala karena akan dibangun di lahan yang masih ada rumah warga berdiri. Dari total 10 blok (belum ditambah 1 blok yang belum dibangun) secara keseluruhan, di antaranya terdapat 5 blok lagi yang perlu direhab agar siap untuk dihuni.

"Semua ini kita di kasih waktu 40 hari untuk selesai direhab. Akhir November harus selesai. Ya mungkin tahun sudah bisa ditempati," jelas Otong.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Jumat (26/10/2012) malam, Jokowi mengecek kesiapan dari Rusunawa Marunda. Jokowi menanyakan mengenai keadaan Rusunawa Marunda dari mulai taman, proses pengecatan, pemasangan instalasi listrik, dan juga kesiapan huni. Sampai saat ini proses rehab Rusunawa Marunda pada Cluster B masih berlangsung.

Berita terkait dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com