Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Jakarta Siap Hadapi Banjir

Kompas.com - 30/10/2012, 16:17 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jokowi mengatakan, Jakarta siap menghadapi musim penghujan dan menghadapi banjir yang sudah menjadi bencana langganan. Meski begitu, dia berharap Jakarta tidak banjir.

Menurut Gubernur DKI Jakarta itu, banjir di Jakarta yang sudah menjadi langganan tetap harus diantisipasi. Kesiapan Pemprov DKI menghadapi banjir menjadi fokus utama ketika banjir memang terjadi.

"Iya, ini pokoknya kesiapan menghadapi banjir dan masalah-masalah yang berkaitan dengan sebelum banjir. Yang paling penting, ya moga-moga saja enggak ada banjir, itu saja," kata Jokowi seusai menerima pemaparan Kepala BPBD, di Balaikota DKI, Jakarta, Selasa (30/10/2012).

Dikatakan Jokowi, setelah mendengarkan pemaparan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah siap dari segi manajemen organisasi yang tanggap.

"Ya, kalau dari sisi manajemen organisasi siaplah. Tetapi tadi saya belum memberikan penekanan-penekanan. Terutama di bidang kesehatan, terutama bidang logistik dan cara-cara evakuasi itu harus pasti. Tepatnya, lokasi untuk evakuasi itu harus pasti," ujarnya.

Dalam pertemuan dengan BPBD itu, Jokowi sempat bertanya mengenai antisipasi sebelum banjir. Misalnya terkait evakuasi, penyelamatan pada masyarakat, pengirimin material, dan logistik.

Kepala BPBD Arfan Arkilie kemudian memaparkan segala kesiapan untuk antisipasi banjir.

"Di semua 62 titik banjir sudah ditetapkan dapur umum, pos kesehatan, sampai evakuasi jalurnya sudah ditetapkan ketika terjadi banjir," kata Arfan.

Selain itu, Jokowi juga bertanya terkait pengiriman logistik ke masyarakat. Masyarakat yang diprioritaskan untuk cepat mendapatkan logistik adalah masyarakat yang menjadi pengungsi.

Dari aspek kesehatan, kata Jokowi, harus ada realisasi cepatnya, seperti pos kesehatan, dokter, paramedis, ambulans, tenda kesehatan, paket alat kesehatan yang dipersiapkan dekat dengan lokasi banjir.

Berita terkait lainnya dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com