Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi-Basuki Fokuskan Anggaran di Lima Masalah

Kompas.com - 30/10/2012, 16:48 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rancangan APBD DKI Jakarta untuk tahun depan akan terfokus pada program unggulan di lima bidang. Kelima hal ini dijadikan prioritas karena dianggap sebagai masalah utama yang dialami warga Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjelaskan, kelima fokus utama dalam RAPBD DKI 2013 itu meliputi bidang pendidikan, kesehatan, transportasi, pasar, dan perumahan.  

"Kita harus pentingkan yang prioritas dahulu, ya di kelima bidang itu," kata Basuki di gedung Balai Kota Jakarta, Selasa (30/10/2012).

Untuk diketahui, RAPBD DKI tahun depan masih terus dikaji mendalam untuk kemudian dievaluasi. Sebelumnya, Basuki sempat melontarkan niatnya untuk memangkas 25 persen mata anggaran dalam RAPBD tersebut.

Di luar itu, waktu penetapannya juga semakin sempit. Sebab, merujuk pada aturan yang dikeluarkan Menteri Dalam Negeri, RAPBD harus sudah disahkan pada 20 November, atau selambat-lambatnya satu bulan setelah tanggal tersebut.

Basuki juga menyampaikan bahwa kemungkinan besar pengesahan RAPBD DKI akan molor dari jadwal yang ditentukan semula. Salah satu alasannya adalah karena jumlah item dalam rancangan anggaran itu yang sangat banyak, yakni mencapai sekitar 60 ribu items.

Belum lagi masa peralihan kepemimpinan dari Fauzi Bowo kepada Joko Widodo yang akhirnya memicu penyusunan RAPBD hanya merujuk pada program-program Fauzi Bowo.

Berita terkait lainnya dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com