Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Cek Kesiapan Pompa Air di Jakarta

Kompas.com - 30/10/2012, 21:14 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi banjir pada musim hujan tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus memaksimalkan sistem pengendalian banjir pada setiap pompa air di Jakarta. Salah satunya di rumah pompa Cideng, yang terletak di Jl Siantar, Cideng, Jakarta Pusat.

"Ini kan mau musim hujan, kita perlu cek satu per satu, apakah kita sudah siap, jangan sampai waktu air naik, mesin enggak ada oli," jelas Jokowi saat meninjau rumah pompa Cideng, Selasa (30/10/2012).

Saat tiba di lokasi, Jokowi langsung berkeliling menuju ke beberapa instalasi pompa air tersebut dan mendengarkan penjelasan pegawai Pekerjaan Umum yang mengelola Pompa Air Cideng. Jokowi juga mengamati sampah yang disaring di beberapa bak penampung yanga ada di tempat tersebut.

Setelah mengecek berbagai persiapan, Jokowi menilai pompa air Cideng siap mengantisipasi banjir yang sewaktu-waktu dapat terjadi pada musim hujan nanti.

"Kalau lihat kondisinya sih sudah siap. Tetap menjadi tugas kita bersama jangan buang sampah sembarangan," jelasnya kepada wartawan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan banjir di Jakarta yang sudah menjadi langganan tetap harus diantisipasi. Kesiapan Pemprov DKI menghadapi banjir menjadi fokus utama ketika banjir memang terjadi.

"Iya, ini pokoknya kesiapan menghadapi banjir dan masalah-masalah yang berkaitan dengan sebelum banjir. Yang paling penting, ya moga-moga saja enggak ada banjir, itu saja," kata Jokowi.

Meskipun hanya didampingi beberapa petugas keamanan dari Dinas Perhubungan, kedatangan Jokowi ke Pompa Air Cideng tetap saja diketahui warga. Warga memadati Jalan Tanjung Selor menyaksikan Jokowi yang sedang berdiri di atas bak penyaring sampah di Gedung Pompa Cideng. Membalas sapaan warga, Jokowi sesekali melambaikan tangannya.

Untuk diketahui, pompa air Cideng dapat menyedot 8 titik genangan yang terjadi di Jakarta Pusat, seperti Jalan MH Thamrin, Jalan Medan Merdeka, Jalan Wahid Hasim, Jalan Kebon Sirih, Jalan Sunda dan kawasan Jalan Jaksa, Jalan Sumatera dan Jalan Sabang.

Berita terkait lainnya dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com