Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PU Bangun Jalan Tol untuk Transjakarta

Kompas.com - 01/11/2012, 20:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak mengatakan, nantinya Jakarta akan mirip dengan Kota Shanghai, China. Sebab, Jakarta akan segera memiliki tiga akses tol meliputi tol lingkar dalam dan lingkar luar, serta 6 ruas jalan tol dalam kota yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

"Jalan tol lingkar luar konstruksinya saat ini sudah ada kemajuan yang signifikan ditambah akses Tanjung Priok. Jadi, 2014 sudah rampung dengan jalan memutar di seluruh Jakarta," kata Hermanto, Kamis (1/11/2012).

Untuk jalan tol untuk bus Transjakarta ini, kata Hermanto, PU sudah membahas konstruksi enam ruas jalan tol dalam kota dengan Gubernur DKI Jakarta.

"Salah satu yang dibahas adalah satu jalur di jalan tol tersebut nantinya akan diperuntukkan bagi bus Transjakarta," ujarnya.

Sebab, lanjut Hermanto, saat ini jalur Transjakarta bercampur dengan lalu lintas lokal. Keluhan soal ini paling sering diterima karena Transjakarta dianggap tak berhasil mengatasi kemacetan.

Adapun pengerjaan jalan tol yang disebut jalan tol lingkar paling dalam Jakarta ini akan melibatkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ia menambahkan, pembebasan lahan tidak akan terlalu banyak karena ruas tol ini mayoritas elevated atau layang. (Fahriyadi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com