Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menagih Janji Jokowi di Jalan Tol....

Kompas.com - 02/11/2012, 16:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen PT Jasa Marga Tbk menginginkan agar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menepati janjinya untuk menuntaskan persoalan lahan untuk ruas tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) sepanjang 7,67 km pada Desember 2012, sehingga pada akhir 2013 sudah dapat dioperasikan.

"Kami ingin itu tak hanya omongan Jokowi (Joko Widodo), tetapi benar-benar persoalan lahan JORR W2 yang masih mengganjal benar-benar bisa dieksekusi sebelum akhir tahun ini," kata Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga Tbk, Abdul Hadi Hs, kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (2/11/2012).

Penegasan tersebut disampaikan terkait janji Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, bahwa dirinya menjamin pembebasan lahan untuk ruas tol JORR W2 sepanjang 7,67 km dapat dituntaskan pada Desember 2012. Dengan demikian, pada akhir 2013 jalan tol tersebut sudah dapat dioperasikan.

"Kan tinggal pembebasan tanah saja. Saya sudah tanya ke dinas PU (pekerjaan umum) Desember bisa rampung dan mereka menyatakan, mereka sanggup," katanya kepada pers usai melakukan pertemuan tertutup dengan jajaran Kementerian Pekerjaan Umum sebelumnya.

Menurut Hadi, persoalan lahan yang harus dituntaskan tersebut, terutama di titik paket 3. Kedua, di Petukangan Utara dengan luas tanah sengketa 0,59 Ha antara Dinas Pertanian Provinsi DKI Jakarta dengan pemilik lahan, Ny Djumiah.

Seorang sumber di PT MLJ menyebut, persoalan dengan pemilik lahan menemui jalan buntu karena sertifikat tanah milik warga itu hilang.

"Itu harus benar-benar dapat dituntaskan dan dieksekusi," kata Hadi.

Ketiga di paket 4, Petukangan Selatan. Pada 20 Februari 2012, PT TUN telah menerbitkan putusan banding yang menguatkan putusan PT TUN dengan memenangkan gugatan warga sebanyak 130 orang seluas 2,28 Ha, termasuk juga di paket 1, Meruya Barat. Di kawasan ini, panitia pembebasan lahan masih bersengketa dengan 18 warga pemilik bidang seluas 0,72 Ha yang meminta kenaikan harga tanah cukup tinggi.

Hadi juga berharap, Jokowi benar-benar bisa turun ke lapangan lagi untuk menuntaskan persoalan lahan.

"Kalau semua turun, apalagi Jokowi, insya Allah warga akan memahami pentingnya tol JORR W2," katanya.

Ia menegaskan, ruas tol tersebut sangat strategis.

"Terbukti ketika truk pada jam tertentu dilarang masuk tol dalam kota, dampaknya signifikan. Jadi, JORR W2 sudah tak bisa ditunda lagi demi terkuranginya kemacetan tol dalam kota," katanya.

Setelah JORR W2 tuntas, maka selayaknya pemerintah juga mempercepat pembangunan tol lingkar luar berikutnya. Hal itu akan dapat membantu mengurai kemacetan Jakarta.

"Moda angkutan massal lain tentu juga layak dikembangkan," katanya.

Direktur Utama PT MLJ, Sonhadji Surahman sebelumnya juga optimistis ruas tol sepanjang 7,67 km dapat diselesaikan pada akhir 2013.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com