Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Utara Benahi 98 Kampung Kumuh

Kompas.com - 03/11/2012, 00:03 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Jakarta Utara melalui Suku Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Daerah mengklaim telah membenahi 98 titik kampung kumuh dalam beberapa tahun terakhir.

"Sudah selesai, tetapi jalan dan saluran air lingkungan yang menjadi wilayah tugas kami bisa jadi rusak lagi, seperti karena tergenang rob sehingga perlu perbaikan lagi," kata Kepala Suku Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintahan Daerah Jakarta Utara, Ali Tappa, di kantornya, Jumat (2/11/2012).

Ali menambahkan, 98 titik kampung tersebut memenuhi standar kumuh sebagaimana hasil pendataan Badan Pusat Statistik (BPS). Titik-titik hasil pendataan itu kemudian diusulkan oleh aparat kelurahan/kecamatan setempat untuk diperbaiki melalui musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang).

Titik kampung-kampung kumuh, lanjut Ali, tersebar di sejumlah kecamatan di Jakarta Utara, seperti Penjaringan, Tanjung Priok, Koja, Cilincing, dan Kelapa Gading. Namun, dia tak merinci lokasi tepatnya kampung-kampung kumuh tersebut.

"Itu (kampung kumuh) tak mencakup lahan-lahan yang dihuni secara ilegal seperti di kolong jembatan dan jalan tol serta bantaran sungai. Titik yang diperbaiki adalah yang jelas wilayah administrasi pemerintahannya," tambah Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com