Kompas.com - 05/11/2012, 12:14 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Narkotika Nasional (BNN) membekuk seorang kurir narkoba, NA (40), yang kedapatan membawa sabu seberat 775 gram saat tiba di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. Dari penangkapan itu terungkap bahwa penyelundupan yang dilakukan NA, yang merupakan ibu rumah tangga itu, diotaki seorang narapidana kasus narkoba, Franola, yang baru saja memperoleh grasi dari Presiden.

Kepala BNN Provinsi Jawa Barat Anang Pratanto mengungkapkan, NA ditangkap pada 4 Oktober. Tersangka baru tiba dari India dengan membawa sebuah tas punggung yang di dalamnya diselipkan sabu seberat 775 gram. "NA ini dikendalikan oleh Ola (Franola), napi kasus narkoba, yang belum lama ini mendapat grasi," kata Anang, Senin (5/11/2012), di Jakarta.

NA direkrut oleh pacarnya yang mendekam di LP Tanjung Balai, Asahan, Sumatera Utara. Oleh pacarnya, NA diserahkan kepada Franola yang mendekam di LP Wanita Tangerang.

Dengan bekal uang Rp 7 juta, NA diperintahkan mengambil sabu di India. Dia kemudian berangkat dari Surabaya dengan menumpangi Silk Air menuju New Delhi, transit di Singapura. Sesampainya di New Delhi, NA menuju Bangalore bertemu dengan lima orang Nigeria untuk mengambil sabu pesanan Franola sebanyak 775 gram.

Dari India, NA kembali ke Indonesia dengan menumpangi India Airlines ke Kuala Lumpur. Dari Kuala Lumpur, NA menuju Bandung dengan menumpangi Air Asia.

Kepala Humas BNN Komisaris Besar Sumirat mengatakan, kini penyidik tengah mengembangkan pemeriksaan pada jaringan yang ada di belakang NA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.