Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi-Dishub Keroyokan Atasi 70 Titik Kemacetan Jakarta

Kompas.com - 05/11/2012, 15:58 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya berkoordinasi mengatasi permasalahan kemacetan lalu lintas Ibu Kota. Tercatat ada sekitar 70 titik kemacetan yang akan dikerjakan oleh anggota petugas lalu lintas dari Polda dan Dinas Perhubungan DKI.

"Nanti akan dikeroyok rame-rame antara anggota petugas lalu lintas dengan Dinas Perhubungan untuk mengatasi 70 titik kemacetan di Jakarta. Mereka akan mengatur dan menjaga secara bersama-sama di titik-titik tersebut," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Putut Eko Bayuseno di Balaikota DKI, Jakarta, Senin (5/11/2012).

Menurut Putut, 70 titik-titik kemacetan itu tersebar di lima wilayah Jakarta. Jika memungkinkan, duet polisi dengan Dishub DKI itu akan mulai dilakukan Senin sore ini.

Sementara dikatakan Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono, beberapa titik kemacetan yang menjadi target adalah Senen Raya, Pasar Rebo, daerah sekitar UKI, Otista, dan Kampung Melayu.

"Di DKI itu setelah ditata dipetakan sekitar 70 titik, ada trouble spot atau titik macetnya, nah itu yang akan kita pecahkan dengan pengendalian dari daerah situ melalui tugas Kepolisian, Dinas Perhubungan DKI, Satpol PP. Nah, tinggal penyelesaian masalah itu kami semua harus kompak dan bersinergi," kata Pristono.

Trouble spot itu, kata Pristono, permasalahan-permasalahan ketertiban lalu lintas, seperti kendaraan angkutan kota yang ngetem, Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di sekitar badan jalan, dan penumpang yang memberhentikan mobil bukan pada tempatnya.

"Nah, itu sebetulnya dengan pengendalian petugas, kita bisa melakukannya. Kenapa harus bersama karena kita tupoksinya berbeda-beda," ujar Pristono.

Polisi bertugas menilang kendaraan pribadi yang melanggar, sementara Dinas perhubungan menilang angkutan umum yang melanggar. Kemudian Satpol PP bertugas apabila ada PKL yang melanggar akan dibersihkan.

Selanjutnya, tutur Pristono, realisasi mengatasi 70 titik kemacetan itu akan segera direalisasikan sesuai dengan instruksi Kapolda Metro Jaya.

"Kapolda menyampaikan, ya sore ini kita tinggal main radio kok, kita sudah biasa bekerjasama. Kalau Dishub dengan Kepolisian itu koordinasinya," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com