Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perampok Pegadaian Cipete Gasak Emas dan Uang

Kompas.com - 05/11/2012, 16:39 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komplotan perampok kembali beraksi di wilayah Jakarta Selatan. Dalam perampokan kali ini, para pelaku menggasak emas dan uang tunai dari Kantor Unit Pegadaian Cipete yang terletak di Jalan Cipete Raya.

"Para pelaku mengambil emas yang tersimpan di dalam brankas dan uang tunai pada kasir," terang Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Hermawan saat ditemui di lokasi kejadian, Senin (5/11/2012).

Nilai total kerugian belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Menurut Hermawan, pihak Pegadaian sedang melakukan penghitungan atas barang-barang yang hilang dibawa perampok.

Ia menjelaskan, perampokan terjadi pada sekitar pukul 11.35 WIB. Pelaku diduga berjumlah empat orang yang datang dengan mengendarai dua sepeda motor. Salah seorang pelaku diketahui menggunakan senjata api.

"Diduga jenis pistol rakitan karena bentuknya jelek," jelas Hermawan.

Para pelaku memarkirkan motor di sepan sebuah lapak dagangan kemudian memasuki kantor yang berada di jalan yang ramai. Saat itu, satpam kantor sedang berada di dalam ruangan kantor.

"Pas abang saya (satpam) mau keluar, papasan di pintu sama rombongan. Dia dipukuli pakai pistol sampai mukanya berdarah," terang Azizah (27), saksi mata.

Suhandra sempat berlari ke luar dan menuju lorong di samping kantor tempat Azizah berada. Di situ, ia sempat mengambil sejumlah perangkat bengkel dan melempar ke arah para pelaku saat mereka beranjak ke luar seusai menggasak barang berharga.

"Karena itu, salah satu pelaku kemudian melepaskan tembakan ke atas, sepertinya dua kali tembakan," sambung Azizah.

Petugas kepolisian telah menemukan satu selongsong peluru di dekat lokasi kejadian untuk dijadikan barang bukti. Untuk pengembangan penyidikan, polisi telah memiliki empat saksi dari pihak pegadaian dan dua saksi dari warga sekitar.

"Empat saksi, yakni tiga karyawan, semuanya perempuan, dan seorang satpam. Dua orang telah dibawa ke kantor polisi, seorang lagi ada di dalam kantor (Pegadaian) untuk memberikan penjelasan, seorang lagi di rumah sakit," urai Hermawan.

Satpam bernama Suhandra, warga RT 06 RW 03 Cipete itu, saat ini sedang menjalani perawatan medis di RS Fatmawati. Dia menderita dua luka, masing-masing di kepala atas bagian kanan dan di pipi kanan bagian bawah.

Hingga saat ini petugas kepolisian masih berada di lokasi kejadian. Selain Kasat Reskrim, turut hadir Kasubdit Jantanras Polda Metro Jaya AKBP Helmi Zantika, Kasat Intel Polretro Jaksel AKBP Museni, dan Kapolsek Metro Cilandak Kompol Nuredy Irwansyah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com