Kompas.com - 05/11/2012, 20:27 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengusulkan 95 RW yang akan dijadikan Kampung Susun Deret. Hal ini digunakan untuk mempercepat penataan kampung kumuh. Program Kampung Deret Susun ini akan menjadi program unggulan Pemprov DKI di tahun 2013.

"95 RW tersebut merupakan usulan dari lima Pemkot Administrasi yang telah melakukan survei lapangan di masing-masing wilayahnya. Tapi ini baru usulan, masih harus didiskusikan lagi," kata Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Sarwo Handayani di Balaikota DKI, Jakarta, Senin (5/11/2012).

Dikatakan wanita yang akrab disapa Yani ini, kajian tersebut dilakukan untuk memastikan RW tersebut merupakan kawasan yang tepat untuk dibangun Kampung Susun Deret.

"Tunggu saja ya hasil kajiannya seperti apa. Yang pasti baru 95 RW yang diusulkan," ujar Yani.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan DKI Novizal mengatakan, pihak Dinas Perumahan DKI juga menargetkan sebanyak 100 kampung kumuh untuk diubah menjadi kampung susun deret yang lebih sehat.

Novizal berharap wali kota secepat mungkin menyerahkan data lahan yang dianggap memenuhi syarat untuk dijadikan kampung susun deret.

"Pembangunan Kampung Deret Susun akan dijadikan program unggulan tahun 2013. Kami juga akan mulai melakukan detailed engineering design (DED) dan tender. Proses tersebut akan memakan waktu sekitar 8,5 bulan. Setelah itu, pembangunan fisik pun dapat dimulai pada kuartal ketiga tahun depan," jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berita terkait lainnya dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.