Kompas.com - 06/11/2012, 14:47 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Selamat Nurdin menyambut baik tiga program unggulan Gubernur Joko Widodo (Jokowi) dalam mengatasi permasalahan transportasi. Akan tetapi semuanya harus diimbangi dengan sub sistem yang baik dan adanya komitmen tertulis dari seluruh pihak terkait.

"Tiga program itu cukup bagus, tapi setiap target perlu disiapkan sub sistemnya, harus ada komitmen tertulis antara Pemprov DKI dengan pihak-pihak yang terkait," kata Selamat saat ditemui Kompas.com di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (6/11/2012).

Tiga program unggulan Pemerintah Provinsi DKI di bidang transportasi adalah penambahan 450 unit bus Transjakarta, penambahan 1.000 unit bus sedang, dan pembangunan elevated Ciledug-Blok M. Semua program itu akan mulai direalisasikan pada 2013 dengan sokongan anggaran di tahun yang sama.

Di sektor transportasi, program unggulan digelontorkan untuk meningkatkan layanan angkutan umum, menarik masyarakat menggunakannya sekaligus menekan volume kemacetan. Mengenai penambahan 450 unit bus Transjakarta, kata dia, Pemprov DKI seharusnya dapat membuat komitmen bersama secara tertulis dengan Perusahaan Gas Negara (PGN) dan Pertamina. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga asupan bahan bakar gas yang nantinya akan digunakan sebagai bahan bakar bus Transjakarta.

Terkait itu, Gubernur Jokowi sempat melontarkan rencana penambahan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG). Saat ini hanya ada tiga SPBG yang melayani pengisian bahan bakar untuk seluruh armada bus Transjakarta. Bagi Selamat, rencana itu perlu benar-benar direalisasikan karena nyatanya belum ada pembahasan lebih lanjut antara Pemprov, DPRD dan seluruh pihak yang terkait.

"Misalkan armadanya ditambah tapi kalau SPBG-nya kurang ya untuk apa," ujarnya.

Di luar itu, hal lain yang perlu diawasi serius adalah mensterilkan jalur busway. Meski Pemprov DKI sudah melakukan koordinasi dengan Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan, akan tetapi nyatanya jalur busway masih terus dilalui kendaraan lain selain bus Transjakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Itu semuanya harus dilakukan. SPBG-nya mencukupi tapi sterilisasi jalur busway tidak dilakukan ya sama saja nothing," kata Selamat Nurdin.

Berita terkait dapat diikuti di topik :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.