Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki dan Dirut RSCM Bahas Sistem Rujukan Kartu Sehat

Kompas.com - 07/11/2012, 10:08 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Akmal Taher bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Rabu (7/11/2012).

Turut hadir dalam pertemuan di ruang rapat kerja Basuki di Balaikota Jakarta itu Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Ratna Sitompul. Ratna mengatakan bahwa tim dari RSCM dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membahas beberapa agenda. Salah satunya adalah pembahasan mengenai sistem rujukan terkait implementasi Kartu Jakarta Sehat, yang rencananya akan diluncurkan pada 10 November 2012.

"Saya datang mewakili FKUI. Rapat nanti akan membahas soal sistem rujukan Kartu Sehat," kata Ratna saat ditemui Kompas.com sesaat sebelum rapat dimulai.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama pihak-pihak terkait terus melakukan koordinasi menjelang diluncurkannya Kartu Jakarta Sehat pada akhir pekan ini. Kartu ini menjamin layanan kesehatan gratis untuk seluruh warga Ibu Kota, khususnya mereka yang berada dalam golongan ekonomi lemah.

Program Kartu Jakarta Sehat ini ditargetkan menyasar 4,7 juta warga Jakarta. Jumlah tersebut diambil berdasarkan jumlah warga miskin di Jakarta. Peluncurannya juga dilakukan secara bertahap, dimulai dengan 3.000 kartu sepanjang tahun ini dan diberikan kepada warga di enam permukiman kumuh dan padat penduduk.

Untuk mendapatkan kartu ini, warga Jakarta hanya perlu datang ke puskesmas. Semua orang berhak memiliki kartu ini dengan catatan bersedia menjalani pengobatan di puskesmas atau rawat inap di RSUD kelas tiga.

Berita terkait dapat dilihat dalam topik 100 Hari Jokowi-Basuki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com