Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selesai Dicetak, Kartu Sehat Siap Diluncurkan

Kompas.com - 07/11/2012, 12:11 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peluncuran Kartu Jakarta Sehat (KJS) diprediksi akan berlangsung sesuai jadwal, yakni pada Sabtu (10/11/2012). Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emawati saat ditemui di Gedung Balaikota Jakarta, Rabu (7/11/2012) pagi.

Dia menjelaskan, proses pencetakan KJS akan selesai pada Kamis (8/11/2012) besok. Selanjutnya kartu tersebut akan didistribusikan ke enam kelurahan yang menjadi prioritas dari peredaran KJS ini sehari setelahnya.

"Kamis selesai, Jumat didistribusikan ke kelurahan, dan Sabtu waktu resmi peluncuran," kata Dien.

Penyebaran KJS akan dilakukan secara bertahap dan sampai akhir tahun ini peluncurannya akan mencapai 3.000 kartu. Sejumlah kelurahan kumuh dan padat penduduk menjadi prioritas utama karena dianggap menjadi kantong-kantong kemiskinan dengan potret kesehatan yang buruk.

Semua warga DKI berhak memiliki kartu ini dan cara memerolehnya cukup mudah karena hanya dengan mendaftarkan diri ke puskesmas terdekat. Akan tetapi pada pelaksanaannya kartu ini dipetakan hanya untuk 4,7 juta warga Ibu Kota. Angka tersebut setara dengan jumlah warga miskin di Jakarta.

Pada dasarnya kartu ini dapat memberikan layanan kesehatan secara gratis untuk segala jenis penyakit. Dengan catatan warga tersebut bersedia menjalani pengobatan di puskesmas atau rawat inap di RSUD kelas tiga. Kalaupun ruang rawat inap di RSUD kelas tiga sudah tidak dapat menampung, maka pasien dengan KJS akan di-upgrade ke RSUD kelas dua.

Berita terkait dapat diikuti di topik :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com