Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Arloji, Pengamen Membeli Buku "CT Si Anak Singkong"

Kompas.com - 09/11/2012, 14:39 WIB
Tjahja Gunawan Diredja

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah buku Chairul Tanjung Si Anak Singkong diluncurkan pada 1 Juli 2012, berbagai komentar dan apresiasi dari masyarakat luas terus berdatangan, baik melalui dunia maya maupun surat.

Salah satu surat yang dikirim kepada Chairul Tanjung melalui PT Penerbit Buku Kompas (PBK) datang dari seorang pengamen jalanan. Dia tidak menyebutkan jati dirinya, namun dalam secarik kertas yang ditulis tangan, pengamen itu menyebutkan bahwa untuk membeli buku Chairul Tanjung Si Anak Singkong seharga Rp 58.000, dia terpaksa menjual arlojinya.

"Tapi isinya lebih mahal dan bermanfaat dari harga arloji yang saya jual," demikian antara lain isi surat sang pengamen jalanan itu. Surat tanpa prangko tersebut sepertinya diantarkan langsung ke alamat PT PBK di Jalan Palmerah Selatan Nomor 26-28 Jakarta.

Surat lain datang dari Wida Widiawati (31), warga di Kampung Pamulihan, Desa Ciporeat, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Wida tidak hanya berkirim surat, tetapi juga mengirimkan sebuah buku Chairul Tanjung Si Anak Singkong dan menitipkan pesan agar bisa ditandatangani oleh Chairul Tanjung.

Dalam suratnya, Wida antara lain menulis, "Dari wajah bapak (Chairul Tanjung), sekilas bapak seorang yang bersahaja, sederhana, tidak sombong, dan kaya. Selalu ingin berbuat kebaikan untuk orang-orang sekitarnya".

Tidak hanya surat, ada juga yang mengirimkan proposal bantuan pembangunan masjid kepada Chairul Tanjung. Surat itu dikirim oleh pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al-Hikmah, Kelurahan Kalangan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Pada hari Sabtu (10/11/2012) besok, Chairul Tanjung akan berdialog dengan para mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) di Surabaya. Setelah itu, CT panggilan Chairul Tanjung, juga akan berdiskusi dengan para pelajar SMA.

Acara terakhir di kota Surabaya adalah bedah buku dan penandatanganan buku Chairul Tanjung Si Anak Singkong di Gramedia Expo, Jalan Basuki Rakhmat, Surabaya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com