Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah "Jokowi", Giliran "Ilham" Ikut Kontes Kerbau

Kompas.com - 10/11/2012, 06:51 WIB
Kontributor Tana Luwu, Husain

Penulis

TANA TORAJA, KOMPAS.com - Rambusolo adalah sebuah prosesi adat kematian masyarakat Tana Toraja Sulawesi Selatan, di mana prosesi ini digelar menjelang penguburan jenazah yang dilaksanakan oleh keluarga. Tujuannya untuk menghormati anggota keluarga mereka yang telah berpulang.

Dalam prosesi adat kematian "rambusolo", terdapat kegiatan menarik untuk disimak dan menjadi agenda wisata daerah Toraja yang banyak diminati wisatawan lokal maupun turis mancanegara. Kegiatan ini adalah kontes adu kerbau yang di selenggarakan di lapangan terbuka dan disaksikan ribuan pengunjung.

Uniknya, kemenangan Joko Widodo dalam perhelatan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta, ternyata mendatangkan inspirasi bagi perserta kontes di Tana Toraja ini. Lihat saja, pada prosesi adat rambusolo yang digelar pada bulan oktober 2012 lalu, salah seorang peserta kontes memberikan nama kerbaunya Jokowi.

Lalu, dalam prosesi adat rambusolo yang digelar di Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja, awal November lalu, seorang peserta kontes juga menamai kerbau andalanya dengan nama Ilham. Ilham tersebut merujuk kepada nama Ilham Arief Sirajuddin Wali Kota Makassar yang maju menjadi calon Gubernur Sulawesi Selatan pada awal tahun 2013.

Marten sang pemilik kerbau mengaku memilih nama Ilham, karena ia bangga dengan majunya Ilham sebagai Cagub Sulsel. Tak ada keberatan tentang penggunaan nama Ilham sebagai nama kerbau. Bahkan Ilham pun hadir dalam acara tersebut. Kedatangannya disambut meriah penonton prosesi adat rambusolo.

Kehadiran Ilham didampingi mantan Bupati Amping Situru bersama Viktor Datuan, mantan Kapolres Tana Toraja Pada perhelatan Pilgub Sulsel yang akan berlangsung pada 22 Ferbruari 2013, terdapat tiga pasangan calon yang akan bertarung memperebutkan kursi gubernur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com