Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Kartu Sehat, Warga Merasa Diringankan

Kompas.com - 10/11/2012, 17:56 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peluncuran Kartu Jakarta Sehat memberikan harapan baru bagi warga Jakarta. Warga Ibu Kota, khususnya warga kategori miskin yang belum mendapatkan layanan kesehatan secara baik, berharap program ini dapat meringankan beban hidup mereka.

Program Kartu Jakarta Sehat ini memberikan jaminan layanan berobat gratis di puskesmas atau rawat inap di rumah sakit kelas tiga. Warga mengaku senang terhadap manfaat kartu tersebut karena salah satu kesulitan yang sering menghantui warga miskin ini sudah mulai teratasi.

Sulastri (28), warga Pademangan Timur, Jakarta Utara, misalnya, merasa rasa bahagia setelah menerima empat Kartu Jakarta Sehat pada pagi ini. Selain dia, suaminya yang berprofesi sebagai tukang becak dan kedua anaknya yang masih balita juga sudah mendapatkan kartu tersebut. Ia berharap layanan berobat gratis bisa terlaksana dan berlaku terus-menerus.

"Beban kita sebagai orang enggak mampu jadi lebih ringan, bisa berobat gratis dan mudah-mudahan terlaksana terus-menerus," kata Sulastri saat ditemui Kompas.com di Pademangan Timur, Sabtu (10/11/2012).

Hal serupa juga dirasakan oleh Dewi Haryati (27). Dengan penghasilan suaminya yang hanya memiliki profesi sebagai sopir bajaj, Dewi mengaku Kartu Jakarta Sehat yang dimilikinya dapat menjadi modal saat ada anggota keluarganya yang mengalami sakit. Secara khusus ia merasa bangga pada pemimpin Jakarta saat ini karena berani mengambil kebijakan yang langsung menyentuh kesulitan rakyat seperti dia.

"Saya tenang karena seperti punya pegangan. Sebelumnya kan enggak ada, kalau sakit tetap bayar," ujarnya.

Kartu Jakarta Sehat telah diluncurkan secara bertahap mulai hari ini. Kartu ini berlaku di seluruh puskesmas di Jakarta dan 88 rumah sakit yang menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Dengan kartu ini, semua warga pemegang kartu dijamin mendapatkan layanan kesehatan tanpa dipungut biaya.

Berita terkait dapat dilihat di topik 100 Hari Jokowi-Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com