Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumben, Jokowi Masuk Balaikota Lewat Belakang

Kompas.com - 13/11/2012, 17:17 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memasuki kompleks balaikota melalui pintu DPRD DKI. Disinyalir Jokowi sengaja menghindari para buruh yang tengah berunjuk rasa melalui pintu yang lokasinya berada persis di belakang balaikota.

Meski begitu, Jokowi membantah sengaja menghindari para buruh. Dia mengaku tidak menyadari jika sopirnya masuk melalui pintu belakang.

Padahal, Jalan Kebon Sirih cukup sempit dibandingkan dengan Jalan Medan Merdeka Selatan. Namun, mobil dinas Jokowi Toyota Land Cruiser B 1120 SMZ melewati jalan yang macet.

"Saya enggak menghindar. Lha wong saya ketiduran, tahu-tahu sudah ada di parkiran," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Sebelumnya, ratusan buruh dari berbagai organisasi yang terhimpun dalam Forum Buruh DKI menggelar unjuk rasa di depan Balaikota Jakarta sejak siang. Mereka menuntut Jokowi segera menetapkan upah minimum provinsi (UMP) sesuai dengan usulan yang ditentukan para buruh, yakni Rp 2.799.067.

Upah minimum yang diusulkan para buruh merujuk pada 141,5 persen angka kebutuhan hidup layak (KHL) yang ditetapkan sebesar Rp 1.987.789. Sampai Jokowi tiba di balaikota, para buruh yang berunjuk rasa masih bertahan meski hujan cukup deras mengguyur sekitar Jalan Medan Merdeka Selatan. Mereka bertekad terus menunggu sampai Jokowi menemui dan memenuhi tuntutan mereka.

Berita terkait dapat diikuti di topik:

DEMO BURUH

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com