Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Perlu Berapa Triliun? Ajukan Saja...

Kompas.com - 14/11/2012, 15:45 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bertekad memperbaiki mutu dan sistem pendidikan di Jakarta. Untuk itu, ia menghapus plafon anggaran yang biasanya terpaku di angka Rp 2 triliun apabila suatu sekolah ingin mengajukan program-programnya.

Dalam kunjungannya ke SMA Negeri Unggulan MH Thamrin, Jakarta Timur, Basuki menantang seluruh kepala sekolah untuk menyelesaikan rencana kegiatan anggaran sekolah (RKAS) dalam dua pekan ke depan. Ia juga meminta seluruh kepala sekolah untuk tidak ragu membuat program pendidikan tentunya dengan nominal anggaran yang rasional.

"Perlu berapa triliun? Ajukan saja. Akhir minggu depan seluruh RKAS harus selesai berdasarkan revisi yang mengedepankan kepatutan," kata Basuki di SMANU MH Thamrin, Jakarta Timur, Rabu (14/11/2012).

Pria yang akrab disapa Ahok ini mengungkapkan, mulai tahun ini RKAS yang disusun oleh sekolah harus mencantumkan harga yang pantas. Sebab, RKAS ini akan dicantumkan dalam APBD Provinsi DKI Jakarta untuk tahun anggaran 2013.

"Harganya harus pantas, harus patut, karena akan dimasukkan dalam APBD resmi," tandasnya.

Baginya, penyusunan RKAS yang ditempel dalam APBD dan nominalnya memang pantas akan terkait dengan transparansi di sektor anggaran.

"Nanti akan saya masukkan dalam situs pribadi saya. Enggak usah takut transparan karena kita bukan pencuri," ucapnya.

Berita terkait dapat diikuti di topik:

100 HARI JOKOWI-BASUKI

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com