Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Masjid Raya DKI Dibangun Tahun 2013

Kompas.com - 16/11/2012, 06:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun masjid raya yang besar dan megah seperti Masjid Istiqlal di kawasan Kapuk, Jakarta Barat. Hal itu dikatakan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat menghadiri Gebyar Muharram 1434 Hijriah dan Tabligh Akbar Tausyiah Muharram, di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Kamis (15/11/2012).

"Pembangunan masjid raya tersebut rencana dimulai tahun 2013 mendatang," kata Jokowi.

Keinginan membangun masjid raya itu setelah Jokowi mengetahui bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga saat ini belum memiliki masjid raya yang besar dan megah. (Baca: Jokowi Baru Tahu Istiqlal Bukan Masjid DKI)

"Ternyata Masjid Istiqlal itu aset negara, bukan milik Pemprov DKI. Artinya, Jakarta belum mempunyai masjid raya. Saya akan bangunkan masjid raya di Ibu Kota," ujar Jokowi.

Ia menjelaskan, lahan yang akan digunakan untuk pembangunan masjid raya tersebut telah tersedia di kawasan Kapuk, Jakarta Barat. Masjid raya akan dibangun di lahan seluas empat hektar yang dimulai tahun depan. Jokowi juga meminta agar pembangunan masjid raya ini nantinya identik dengan suku Betawi.

"Saya tidak tahu karakter khas Betawi seperti apa. Makanya, saya titip pesan kepada arsitek yang mendesain masjid raya berkarakter Betawi," pintanya.

Namun, Jokowi mengaku lupa jumlah anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan masjid raya tersebut. "Yang jelas, anggaran pembangunan masjid raya sudah tersedia di APBD DKI 2013," katanya.

Ikuti gebrakan Jokowi-Ahok dalam topik:
100 Hari Jokowi-Basuki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com