Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Keselamatan Berkendara Digelar

Kompas.com - 18/11/2012, 14:40 WIB
Ambrosius Harto Manumoyoso

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Puluhan penggiat keselamatan berkendara berkampanye di simpang empat Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (18/11/2012) siang.

Para penggiat tergabung dalam Road Safety Association, lembaga swadaya masyarakat yang berkiprah dalam mengampanyekan keselamatan berkendara.

Para penggiat menaruh spanduk besar di jembatan layang tepat di bawah patung pancoran. Spanduk itu bertuliskan Bayangkan Keluarga Kita yang Menjadi Korban Kecelakaan. Pastikan Tak Ada Lagi Korban dari Keluarga Kita !

Para penggiat juga menyebarkan selebaran bergambar foto seorang anak dan bertuliskan seperti dalam spanduk tadi. Saat lampu merah menyala, penggiat membentangkan spanduk kecil agar tulisan tadi terbaca oleh para pengendara.

Ketua Umum RSA Rio Octaviano mengatakan, korban kecelakaan terus berjatuhan. Setiap hari tercatat 89 orang tewas di jalan raya yang mayoritas adalah pesepeda motor.

Masyarakat diingatkan untuk berkendara secara aman, mematuhi aturan, dan beretika di jalan raya.

Pemerintah jangan abai untuk memperbaiki kualitas angkutan umum, memastikan kondisi jalan aman dan nyaman, dan penegakan hukum secara tegas dan konsisten.

"Korban terus berjatuhan karena masyarakat dibiarkan. Negeri ini sudah kondang disebut autopilot," kata Rio dengan tegas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com