Kompas.com - 19/11/2012, 01:53 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com — Hujan yang berlangsung sejak pagi tadi mengakibatkan ketinggian permukaan air Kali Ciliwung meningkat.

Hingga tengah malam ini, puluhan rumah warga di Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan; dan di Cawang, Jakarta Timur; mulai terendam luapan kali.

"Naiknya sudah sejam lalu (pukul 23.00). Ada sekitar lima RT di sini yang udah terendam banjir," terang Kiki (22), warga RT 02 Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, saat ditemui Kompas.com di tempat tinggalnya.

Ia menerangkan, permukaan air sungai telah naik 2-3 meter dari kondisi normal. Selain permukiman di RT 02, puluhan rumah di RT 03-05 juga terendam banjir. "RT 01 juga kemungkinan sebagiannya terendam," sambung Robert, tetangga Kiki.

Saat ini, permukaan air di halaman rumah mereka sudah mencapai betis orang dewasa. Sementara itu, luberan air yang masuk ke dalam rumah mencapai mata kaki.

Ia juga memperkirakan, situasi yang lebih parah terjadi di wilayah langganan banjir lain di aliran Kali Ciliwung. "Biasanya kalau di sini sudah segini, di Kebon Pala dan Kebon Sayur (Jakarta Timur) sudah lebih tinggi lagi," kata Robert.

Ia juga menduga ketinggian air masih akan meningkat hingga subuh nanti. Karena itu, Robert dan warga lainnya masih akan berjaga-jaga mengawasi ketinggian air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Situasi serupa terlihat di wilayah seberang Rawajati, RT 09 dan RT 11 Cawang. Sulaiman, warga RT 09 yang ditemui di mulut Gang Haji Maliki, menuturkan bahwa ketinggian air di rumahnya sudah melampaui betis orang dewasa.

"Ini mau pindahin motor. Takutnya nanti airnya semakin naik," ujar Sulaiman ditemani putranya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.