Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Rumah di Sukabumi Terendam Banjir

Kompas.com - 19/11/2012, 04:21 WIB

SUKABUMI, KOMPAS.com — Hujan deras yang mengguyur Sukabumi, Jabar, sejak Minggu siang hingga malam, menyebabkan puluhan rumah terendam banjir dan satu mobil terseret air banjir dari sungai yang meluap di Kecamatan Warudoyong.

"Puluhan rumah yang terendam banjir hingga satu meter ini terjadi di dua kampung di Kelurahan Sukarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. Bahkan, di Kampung Kubang, satu mobil milik anggota polisi terbawa arus banjir sampai ke sungai," kata Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Penanggulangan Bencana (Dinsostek PB) Kota Sukabumi Adang Taufik kepada wartawan, Minggu (18/11/2012) malam.

Sampai saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terhadap rumah yang terendam banjir. Penyebab utama banjir yang menggenangi puluhan rumah di daerah tersebut diduga karena hujan deras yang terjadi dari siang hingga malam sehingga saluran irigasi yang ada di wilayah permukiman warga jebol.

Di beberapa daerah pun dilaporkan terjadi banjir, tetapi tidak separah di Kecamatan Warudoyong. Sampai saat ini pun kondisi air sudah mulai menyurut. Namun, pihaknya mengimbau kepada warga agar tetap waspada karena potensi curah hujan cukup tinggi.

"Kami masih melakukan pendataan terhadap rumah yang terendam banjir, tetapi belum ada laporan ada rumah yang rusak diterjang banjir. Kami pun akan segera mengirim bantuan kepada warga yang menjadi korban banjir ini," katanya.

Sementara itu, pemilik mobil, Agus, anggota Polres Sukabumi Kota, mengatakan bahwa banjir yang terjadi dari siang sampai malam ini menyebabkan sungai yang ada di belakang rumahnya meluap dan airnya masuk ke dalam rumah, bahkan menjebol tembok rumahnya.

Mobil miliknya, merek Timor, diparkir di depan rumahnya. Mobil itu terbawa arus air sungai yang meluap dan membuatnya terseret masuk ke dalam sungai.

"Hujan deras yang terjadi hari ini menyebabkan tembok rumah saya jebol dan mobil saya terbawa arus sungai. Selain rumah saya yang terendam banjir, juga cukup banyak rumah tetangga yang terendam banjir," kata Agus.

Di Kabupaten Sukabumi, satu rumah di Kampung Cisalak, Desa/Kecamatan Kalapanunggal, dilaporkan rusak berat akibat tertimbun longsoran tanah dari tebing yang ada di daerah tersebut. Namun, tidak ada laporan jatuhnya korban jiwa pada kejadian ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com