Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasi Bungkus untuk Korban Banjir Kampung Pulo

Kompas.com - 19/11/2012, 10:35 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Korban banjir di wilayah Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, rencananya akan mendapatkan bantuan sebanyak 1.200 nasi bungkus. Bantuan itu diberikan oleh Palang Merah Indonesia dan Suku Dinas Sosial Jakarta Timur melalui RT setempat.

Lurah Kampung Melayu Bambang Pangestu mengatakan, bantuan tersebut akan disalurkan kepada sekitar 2.956 jiwa yang menjadi korban banjir. Jumlah tersebut berada di 33 RT dan 6 RW yang rumahnya tergenang banjir kiriman.

"1.200 nasi bungkus itu untuk makan siang dan makan malam warga korban banjir. Rencananya sebentar lagi akan langsung kita distribusikan," ujar Bambang kepada Kompas.com di lokasi banjir, Senin (19/11/2012) pagi.

Hingga pukul 09.45 WIB, banjir akibat luapan Kali Ciliwung itu masih merendam rumah warga dengan ketinggian bervariasi, mulai dari 2 meter hingga 30 centimeter. Meski dilanda banjir, hal tersebut tak mengganggu aktivitas warga yang bekerja. Sementara ibu-ibu tampak menunggu banjir surut dengan bertahan di lantai dua rumah.

Berdasarkan catatan pihak Kelurahan Kampung Melayu, terdapat 11 Kepala Keluarga atau 37 jiwa yang mengungsi ke Masjid Attawabin yang terletak di RT 12 RW 03. Warga yang mengungsi merupakan warga yang tinggal persis di tepi kali. Meski demikian, kebanyakan warga menganggap banjir kali ini masih dalam tahap kewajaran.

Berdasarkan pantauan, sejumlah pejabat turut memantau perkembangan banjir itu. Antara lain, Wakil Kepala Polres Jakarta Timur AKBP Eko Kristianto, Camat Jatinegara Sofyan, Kapolsek Jatinegara Kompol Suminto dan pejabat dari Suku Dinas Satpol PP Jakarta Timur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com