Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh "Ring 1 Jatim" Kepung Gedung Grahadi

Kompas.com - 19/11/2012, 12:34 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Puluhan ribu buruh "Ring 1 Jatim" dari berbagai elemen siang ini (Senin, 19/11/2012) bergerak menuju Surabaya. Mereka akan menggelar aksi di dua tempat yakni di Gedung Grahadi Jalan Gubernur Suryo, dan Kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan Surabaya.

Buruh dari Kabupaten Sidoarjo, Pasuruan, Mojokerto, Gresik, dan Surabaya itu bersikeras menuntut Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2013 sebesar Rp 2,2 juta. Tuntutan itu akan disampikan kepada Gubernur Jatim yang hari ini dijadwalkan menggelar pertemuan dengan bupati/walikota membahas UMK 2013.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sejumlah jalan protokol Kota Surabaya terlihat padat merambat karena beberapa kelompok buruh berkonvoi menuju kantor Gubernur dan Gedung Grahadi Surabaya.

Sementara itu, Kepala sub bagian Humas Polrestabes Surabaya, Kompol Suparti menjelaskan, untuk mengamankan aksi buruh tersebut, seribu polisi akan disiagakan. ''Mereka dari kesatuan Polda Jatim, Polrestabes Surabaya, dan satuan polsek se Surabaya yang lokasinya dekat dengan lokasi pergerakan buruh,'' katanya.

Sejumlah petugas juga disiagakan di beberapa lokasi pabrik seperti di Rungkut, Karangpilang, dan Tandes sebagai antisipasi aksi sweeping buruh. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com