Kompas.com - 19/11/2012, 17:11 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Luapan air Kali Ciliwung merendam permukiman warga di Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Akibatnya, sekitar 8.988 jiwa terganggu aktivitas hariannya lantaran genangan air di rumah dan jalan-gang di sekitar kawasan tersebut.

"Secara keselurahan ada 34 RT yang terkena banjir di Bukit Duri, dengan jumlah 8.988 jiwa," kata Sekretaris Kelurahan Bukit Duri Kurnia Rita Trisyani, yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (19/11/2012).

Ke-34 RT tersebut terletak di tiga RW, masing-masing RW 10, 11, dan 12. Dalam peta banjir kelurahan,  kawasan yang kerap diliputi banjir mencakup RW 10 dengan 14 RT, terdiri atas 725 Kepala Keluarga (KK) atau 3.213 jiwa. Di RW 11 ada 12 RT, dengan 422 KK atau 3.933 jiwa, dan di RW 12 ada 8 RT, dengan 289 KK atau 1.842 jiwa.

"Kalau semalam saya cek memang baru di RT 11 dan 15 di RW 10. Yang di RW lainnya belum ada," kata Rita.

Dia menjelaskan, semua perlengkapan darurat dan bantuan sudah disiapkan. Namun, perlengkapan itu baru terpakai kalau ketinggian air naik hingga di atas dua meter. Demikian pula, pos-pos pengungsian, pihak kelurahan telah menyiapkan di empat RW yang paling rawan.

"Ada di RW 8, 10, 11, dan 12. Jumlahnya lebih dari 15 pos," kata Rita.

Hingga Senin siang warga masih sibuk mengeluarkan air dari dalam rumah maupun pekarangan. Beberapa warga yang tidak menjadi korban banjir ikut membantu menyerok air dari jalan-jalan umum di sekitar lokasi perumahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tahun ini kayaknya ini yang paling tinggi. Kemarin-kemarin sempat naik tapi enggak sampai sepaha orang dewasa," kata Hussein, warga RT 10 RW 10 Bukit Duri.

Berita terkait dapat diikuti di topik :

BANJIR 2012

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.