Kompas.com - 20/11/2012, 12:50 WIB
Penulis Antony Lee
|
EditorRobert Adhi Ksp

BOGOR, KOMPAS.com - Sebanyak 228 siswa dan siswi sekolah menengah atas dari sejumlah sekolah di Jabodetabek "dididik" melalui kegiatan Pelatihan Outward Bound yang diselenggarakan di Sekolah Polisi Nasional Polda Metro Jaya di Lido, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 19-24 November.

Pelatihan itu dinamai "Gerakan Apresiasi Karakter Siswa (G-AKSI) Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional Hamid Muhamad pada saat pembukaan pelatihan, Selasa (20/11/2012), mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membentuk generasi bangsa yang tangguh, toleran, patriotik, dan berorientasi pada pengetahuan dan teknologi Pancasila.

"Kegiatan ini untuk mengembangkan potensi karakter, kerja sama, nasionalisme, berlatih jujur, kritis, mematangkan kejiwaan, stabilitas emosi," kata Hamid.

Dia menolak jika disebut bahwa siswa yang terlibat dalam kegiatan ini disebut sebagai siswa yang terlibat tawuran. Dia mengaku tidak ingin ada stigmatisasi siswa yang mengikuti program tersebut.

Siswa yang diikutsertakan dalam kegiatan ini, kata dia, dipilih oleh sekolah, terutama mereka yang memiliki jiwa kepemimpinan. Bahkan, menurut salah seorang panitia, ada anak seorang petinggi Polri berpangkat inspektur jenderal yang ikut serta dalam kegiatan ini.

Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yosi Haryoso menambahkan, dalam pelatihan siswa akan diajari materi kepemimpinan serta disiplin, maupun kebersamaan.

"Setelah pulang kami berharap mereka jadi anak baik. Ini akan berlanjut. Ini baru gelombang pertama, nanti ada kedua dan ketiga. Setelah pulang akan kami lihat perkembangannya karena ada laporan dari masing-masing guru," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.