Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

228 Pelajar SMA Jabodetabek Dididik di SPN Lido

Kompas.com - 20/11/2012, 12:50 WIB
Antony Lee

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Sebanyak 228 siswa dan siswi sekolah menengah atas dari sejumlah sekolah di Jabodetabek "dididik" melalui kegiatan Pelatihan Outward Bound yang diselenggarakan di Sekolah Polisi Nasional Polda Metro Jaya di Lido, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 19-24 November.

Pelatihan itu dinamai "Gerakan Apresiasi Karakter Siswa (G-AKSI) Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional Hamid Muhamad pada saat pembukaan pelatihan, Selasa (20/11/2012), mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membentuk generasi bangsa yang tangguh, toleran, patriotik, dan berorientasi pada pengetahuan dan teknologi Pancasila.

"Kegiatan ini untuk mengembangkan potensi karakter, kerja sama, nasionalisme, berlatih jujur, kritis, mematangkan kejiwaan, stabilitas emosi," kata Hamid.

Dia menolak jika disebut bahwa siswa yang terlibat dalam kegiatan ini disebut sebagai siswa yang terlibat tawuran. Dia mengaku tidak ingin ada stigmatisasi siswa yang mengikuti program tersebut.

Siswa yang diikutsertakan dalam kegiatan ini, kata dia, dipilih oleh sekolah, terutama mereka yang memiliki jiwa kepemimpinan. Bahkan, menurut salah seorang panitia, ada anak seorang petinggi Polri berpangkat inspektur jenderal yang ikut serta dalam kegiatan ini.

Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yosi Haryoso menambahkan, dalam pelatihan siswa akan diajari materi kepemimpinan serta disiplin, maupun kebersamaan.

"Setelah pulang kami berharap mereka jadi anak baik. Ini akan berlanjut. Ini baru gelombang pertama, nanti ada kedua dan ketiga. Setelah pulang akan kami lihat perkembangannya karena ada laporan dari masing-masing guru," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com