Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Bakal Satu Suara Soal Calon Gubernur Pilihan

Kompas.com - 20/11/2012, 22:02 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Dengan jumlah mencapai ratusan ribu orang, serikat pekerja adalah satu kelompok yang didekati setiap kali menjelang pemilihan kepala daerah, tidak terkecuali untuk Jawa Barat. Untuk kali ini, buruh menyatakan bakal memutuskan secara bersama-sama.

Hal itu dikemukakan secara terpisah oleh Ketua DPD Serikat Pekerja Nasional Jawa Barat, Iwan Kusmawan, dan Ketua Umum DPD Serikat Buruh Seluruh Indonesia '92 (SBSI '92), Ajat Sudrajat, di Bandung, Selasa (20/11/2012).

Mereka mengatakan sudah membahas isu Pilkada Jawa Barat, di sela-sela persiapan untuk berunjuk rasa menolak pemberlakuan UU mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Jakarta, Rabu (21/11/2012) besok.

"Sebelumnya, kami akan menggelar survei internal untuk mencari calon yang paling diharapkan oleh anggota," kata Iwan.

Ajat mengharapkan, para anggota serikat pekerja juga memiliki calon yang sama dan mengerucut dari lima pasangan yang sudah mendaftar. Bila itu sudah terjadi, keputusan akan lebih mudah ditentukan.

Seperti diketahui, ada lima pasangan yang mendaftar dalam Pilkada Jabar yakni Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib, Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki, Yusuf Macan Effendi-Lex Laksamana, Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, dan Irianto MS Syafiuddin-Tatang Farhanul Hakim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com