Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Buat Poster Stop Tawuran

Kompas.com - 21/11/2012, 20:38 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.500 poster dibuat mahasiswa desain komunikasi visual dari berbagai perguruan tinggi untuk menyatakan keprihatinan atas berbagai kejadian tawuran yang kerap terjadi di kalangan pelajar.

Poster-poster ini dibuat sebagai wujud kontribusi anak-anak muda untuk mengkampanyekan stop tawuran.

Ajakan pada mahasiswa desain komunikasi visual untuk membuat poster antikekerasan ini digagas Yayasan Ganesha 83, sebuah yayasan nirlaba alumni civitas akademika Insitut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1983, Yayasan Sejiwa yang aktif kampanye antibullying, serta Universitas Pembangunan Jaya.

Uci Soemarno, anggota G83, dalam konferensi pers, di Jakarta, Rabu (21/11/2012), yang bertepatan dengan Hari Antibullying Sedunia, mengatakan gerakan kampanye antitawuran lewat poster dengan tema "Stop Tawuran, No More violence" didasari keprihatinan mendalam pada peristiwa kekerasan pelajar yang selalu meningkat dari tahun ke tahun, baik intensitas maupun kualitasnya.

"Kita harus berbuat sesuati meskipun kecil. Jangan ada lagi korban berjatuhan. Bukan hanya mengancam nyawa. Tetapi tawuran bisa mengakibatkan trauma," kata Uci.

Ketua Yayasan Ganesha 83 Hardy H mengatakan gerakan sosial yang digagas ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pelajar untuk meninggalkan tawuran.

"Kami memilih kampanye desain visual karena yakin cukup efektif," kata Hardy. Poster "Stop Tawuran, No More Violence" bakal dipamerkan pada 11-13 Januari 2013.

Sebelumnya, akan disosialisasikan di beberapa tempat mulai dari sekolah, perguruan tinggi, dan pusat perbelanjaan di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com