Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi China Bekuk 90 Tersangka Penculik Anak

Kompas.com - 22/11/2012, 12:36 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Polisi China menangkap 90 tersangka penculik anak di seluruh negeri itu dan membebaskan 28 orang anak-anak yang diculik. Demikian dilaporkan harian The China Daily, Kamis (22/11/2012).

Polisi menduga anak-anak itu diculik dari wilayah barat China dan dibawa ke berbagai kota untuk melakukan pencurian dan perampokan.

"Para tersangka penculik ini memukul, melecehkan dan mengancam anak-anak ini dan memaksa mereka mencuri dan merampok di tempat-tempat umum," kata juru bicara Kementerian Keamanan Publik, Huang Shihai.

Lokasi tempat pencurian, kata Shihai, sangat bervariasi mulai dari pusat-pusat perbelanjaan hingga ke terowongan jalan dan stasiun kereta api.

Pemerintah China menggelar operasi pemberantasan penculikan anak di Beijing dan berbagai proviinsi sebagai bagian kampanye yang diluncurkan April tahun lalu yang sejauh ini berhasil menangkap 2.700 orang tersangka penculik dan membebaskan 2.300 orang anak-anak.

Kelompok penculik ini biasanya mengincar anak-anak suku Uighur di Provinsi Xinjiang yang tidak berbicara bahasa China. Akibatnya polisi semakin kesulitan melakukan investigasi.

Para penculik ini juga mengincar anak-anak miskin yang putus sekolah. Mereka menjanjikan anak-anak ini cara untuk menjadi kaya di tempat lain. Demikian kata seorang penterjemah Uighur yang membantu investigasi polisi.

"Namun saat tiba di kota, anak-anak itu dipaksa mengemis dan mencopet. Ini sudah menjadi industri yang sangat menguntungkan. Setiap anak harus mendapatkan uang dalam jumlah tertentu atau sang bos akan memukuli mereka," kata Abikim si penterjemah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com