Kompas.com - 22/11/2012, 12:43 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir luapan air Sungai Ciliwung di Jakarta yang terjadi sejak Kamis (22/11/2012) dini hari sampai siang, lebih besar dibandingkan dua peristiwa banjir sebelumnya pada Selasa kemarin dan bulan Oktober.

Pantauan di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, kini luapan sungai itu tak hanya merendam permukiman di pinggir kali tetapi juga sampai ke permukiman dekat mulut gang pinggir Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur.

Sementara pantauan di Kampung Melayu Kecil, Tebet, Jakarta Selatan, luapan air juga merendam permukiman di gang dekat jalan layang Kampung Melayu. Padahal sebelumnya, luapan sungai hanya merendam permukiman di pinggir kali, tepatnya di Kampung Poncol, yang jaraknya mencapai 200 meter lebih dari lokasi terluar yang terendam banjir saat ini.

Sementara itu, permukaan air di Pintu Air Manggarai mencapai 800 centimeter, yang mengindikasikan Siaga III banjir. Hujan sedang juga mengguyur kawasan yang terendam banjir.

Lurah Kampung Melayu, Bambang Pangestu menyebutkan, ada 7 RW dari 8 RW di Kampung Pulo yang terendam banjir. Padahal banjir yang terjadi pada Selasa (21/11) kemarin, hanya merendam 6 RW.

"Kondisinya memang banjirnya semakin luas karena airnya semakin tinggi," katanya.

Humas Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Putu Wirawan, juga memperingati saat ini sudah memasuki Siaga III banjir, dan dipastikan sejumlah kawasan di tepi Ciliwung akan terendam banjir. "Ini baru namanya banjir karena air di pintu air Manggarai sudah lumayan tinggi," katanya. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

 

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.