Kompas.com - 22/11/2012, 13:24 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Puluhan rumah di sepanjang Kali Pesanggrahan di RT 004 RW 05 Pos Pengumben, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, terendam banjir kiriman dari Kali Katulampa, Bogor, Jawa Barat. Banjir kiriman ini sudah mulai masuk ke rumah warga sejak pukul 06.00 WIB tadi.

"Airnya sudah masuk rumah dari jam 6 tadi pagi, tapi semalam sudah dapat peringatan dari pegawai kelurahan," kata Sri Rejeki (50), warga Pos Pengumben, Jakarta Barat, Kamis (22/11/2012).

Sri mengatakan, banjir yang menggenangi puluhan rumah warga ini sudah berulang selama 25 tahun terakhir. Warga pun selalu mengantisipasi dengan memindahkan barang-barang elektronik ke lantai 2 rumah jika musim hujan tiba.

Sri menuturkan, air yang tergenang di dalam rumah warga sudah sampai lutut orang dewasa. Ketinggian air masih terus naik dan masuk ke rumah warga.

Air yang saat ini tergenang kemungkinan akan surut pada malam hari. Sri mengungkapkan, tahun lalu air kiriman dari Bogor juga masuk ke rumah warga sampai leher orang dewasa.

Dataran rumah yang sepantar dengan tinggi kali menyebabkan rumah di sekitar Kali Pesanggrahan pasti terkena banjir jika hujan turun di Bogor. Dengan adanya banjir yang terus-menerus terjadi di sepanjang Kali Pesanggrahan, warga berharap pemerintah membangun turap di pinggiran kali supaya air tidak masuk ke rumah warga.

Pegawai kelurahan juga memberikan imbauan kepada warga mengenai Kenaikan Tinggi Maksimum Air kali Pesanggrahan sudah mencapai siaga III.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Air kiriman dari Bogor akan melalui kali di Lebak Bulus, Pondok Pinang, Cipulir, Ciledug, Sukabumi Selatan, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Kedoya, Rawa Buaya, Kembangan, Cengkareng, Kali Angke, dan Kapuk Muara.

Pantauan Kompas.com, tak hanya rumah warga yang tergenang banjir. Di sepanjang Jalan Pos Pengumben di belakang National High School Jakarta juga terendam air setinggi lutut orang dewasa. Pengendara roda dua banyak yang memutar balik kendaraannya untuk menghindari mogok mesin.

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X