Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Pesanggrahan Meluap, Pos Pengumben Banjir

Kompas.com - 22/11/2012, 13:24 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Puluhan rumah di sepanjang Kali Pesanggrahan di RT 004 RW 05 Pos Pengumben, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, terendam banjir kiriman dari Kali Katulampa, Bogor, Jawa Barat. Banjir kiriman ini sudah mulai masuk ke rumah warga sejak pukul 06.00 WIB tadi.

"Airnya sudah masuk rumah dari jam 6 tadi pagi, tapi semalam sudah dapat peringatan dari pegawai kelurahan," kata Sri Rejeki (50), warga Pos Pengumben, Jakarta Barat, Kamis (22/11/2012).

Sri mengatakan, banjir yang menggenangi puluhan rumah warga ini sudah berulang selama 25 tahun terakhir. Warga pun selalu mengantisipasi dengan memindahkan barang-barang elektronik ke lantai 2 rumah jika musim hujan tiba.

Sri menuturkan, air yang tergenang di dalam rumah warga sudah sampai lutut orang dewasa. Ketinggian air masih terus naik dan masuk ke rumah warga.

Air yang saat ini tergenang kemungkinan akan surut pada malam hari. Sri mengungkapkan, tahun lalu air kiriman dari Bogor juga masuk ke rumah warga sampai leher orang dewasa.

Dataran rumah yang sepantar dengan tinggi kali menyebabkan rumah di sekitar Kali Pesanggrahan pasti terkena banjir jika hujan turun di Bogor. Dengan adanya banjir yang terus-menerus terjadi di sepanjang Kali Pesanggrahan, warga berharap pemerintah membangun turap di pinggiran kali supaya air tidak masuk ke rumah warga.

Pegawai kelurahan juga memberikan imbauan kepada warga mengenai Kenaikan Tinggi Maksimum Air kali Pesanggrahan sudah mencapai siaga III.

Air kiriman dari Bogor akan melalui kali di Lebak Bulus, Pondok Pinang, Cipulir, Ciledug, Sukabumi Selatan, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Kedoya, Rawa Buaya, Kembangan, Cengkareng, Kali Angke, dan Kapuk Muara.

Pantauan Kompas.com, tak hanya rumah warga yang tergenang banjir. Di sepanjang Jalan Pos Pengumben di belakang National High School Jakarta juga terendam air setinggi lutut orang dewasa. Pengendara roda dua banyak yang memutar balik kendaraannya untuk menghindari mogok mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com