Kompas.com - 22/11/2012, 14:27 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeblosnya tanah dan rel kereta di Cilebut, Bogor, diduga disebabkan air yang menggenang di lokasi sejak Sabtu (17/11/2012) malam. Air berasal dari luapan air Kali Cipakancilan

"Ini kali yang terus menyempit. Sepuluh tahun lalu lebarnya 17 meter. Sekarang bisa Anda lihat sendiri. Akibatnya kali ini tidak mampu menahan debit air," kata Jonan di lokasi amblasnya rel, Kamis (22/11/2012) siang.

Hingga Rabu (21/12/2012) sore kemarin, sebelum amblas, air menggenangi rel setinggi lutut orang dewasa. "Kalinya memang lebih tinggi dari jalan. Makanya kita pagari kali dengan beton. Tapi kemarin karena hujan lebat air meluap sampai rel," jelas Taufik Hidayat, Kepala Desa Cilebut Timur.

Rembesan air dari Kali Cipakancilan, kata Taufik, memang selalu menggenangi jalan setiap kali hujan deras. "Kalau sampai ke rel sih jarang, Mas. Cuma pas kemarin aja karena hujan deras lama," ungkapnya.

Sementara Jonan mengaku tidak memiliki kewenangan mengatasi soal penyempitan kali disebelah rel ini. "Kita sebenarnya terus melakukan perawatan dan penguatan rel secara berkala. Tapi ini kan (air kali) tidak bisa dihentikan kalau hujan," kata Jonan lagi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.