Kompas.com - 22/11/2012, 15:48 WIB
Penulis Antony Lee
|
EditorRobert Adhi Ksp

BOGOR, KOMPAS.com - Material tanah dan batu yang diperlukan untuk menguruk longsor di jalur kereta api Cilebut-Bojong Gede di Kabupaten Bogor diperkirakan mencapai 35.000 meter kubik.

Namun, mengirim material dalam jumlah besar itu bukan pekerjaan karena infrastruktur jalan menuju lokasi yang sangat sempit.

Menurut Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Sugeng Priyono, Kamis (22/11) sore, material itu bakal dikirim selama bertahap selama 30 hari. Dia mengaku pihaknya hanya akan menggunakan truk berkapasitas 15 meter kubik karena khawatir bisa merusak jalan bisa melebihi kelas jalan.

Dalam kondisi jalan yang hanya berlebar sekitar enam meter, lalu lintas sudah sangat karena lonjakan kendaraan yang digunakan penumpang dari dan menuju Bojong Gede, baik ke arah Cilebut maupun Kota Bogor.

"Memang yang penting akses masuk itu. Material dikerjakan keroyokan antara Kementerian Perhubungan, PT Kereta Api Indonesia, dan jika diperlukan melibatkan PT Wijaya Karya untuk memasang talut atau bronjong," katanya. Dia juga mengaku meminta bantuan polisi untuk mengatur arus lalu lintas di jalur Bojong Gede-Cilebut-Bogor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.