Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang Tumbangkan Gardu dan Trafo PLN

Kompas.com - 23/11/2012, 20:18 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Hujan besar disertai angin yang terjadi di Kefamenanu, Nusa Tenggara Timur (NTT) membuat satu unit trafo dan tiang listrik milik PLN tumbang di Jalan Sisingamangaraja, Kefamenanu. Warga yang berada dekat lokasi jatuhnya trafo langsung lari setelah mendengar bunyi ledakan keras.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun ratusan kepala keluarga bakal mengalami pemadaman listrik hingga beberapa hari ke depan. Beberapa orang warga di sekitar Jalan Sisingamangaraja bersama petugas PLN Kefamenanu langsung mengevakuasi trafo setelah angin kencang disertai hujan lebat reda. Hal itu dilakukan agar trafo tidak menghalangi jalan.

Trafo PLN ukuran besar itu roboh akibat tanah di sekitar tiang induk penyangga lembek karena terendam air. "Sebelumnya hujan disertai angin kencang, berselang lima menit terdengar bunyi ledakan keras, ternyata satu unit travf PLN jatuh melintang di jalan," kata Yohanes Bansae, seorang saksi mata di Jalan Sisingamangaraja Kefamenanu, Jumat (22/11/2012).

Beruntung saat roboh, tak ada warga maupun kendaraan yang melintas di jalan tersebut. Beberapa tiang listrik di lokasi gardu yang roboh nampak miring dengan kondisi kabel terputus.

Plt Manajer Rayon Kefamenanu, Anang Taufiqi mengatakan, pihaknya sudah melakukan upaya perbaikan secepatnya sehingga warga bisa menikmati listrik lagi. Akibat kejadian ini, ratusan kepala keluarga pelanggan PLN di sekitar lokasi terpaksa mengalami pemadaman listrik sambil menunggu perbaikan gardu yang akan membutuhkan waktu beberapa hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com