Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.300 Rumah di Sidareja Tergenang Banjir

Kompas.com - 24/11/2012, 11:24 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com -- Sebanyak 3.300 rumah di Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, hingga Sabtu (24/11/2012), masih terendam banjir. Diperkirakan sedikitnya 200 jiwa dari tujuh desa mengungsi karena rumah mereka tergenang hingga setinggi 1,5 meter.

Genangan banjir mulai terlihat sejak memasuki kota kecamatan Sidareja. Di lokasi yang tergenang banjir warga membuat transportasi tradisional dengan papan kayu. Hingga kini, masih banyak warga yang enggan mengungsi meski rumah mereka terendam air dan lumpur.

"Warga diungsikan ke kantor kecamatan, kantor Koramil setempat dan beberapa rumah toko di sekitar kantor kecamatan," kata Camat Sidareja Awaluddin Muuri, Sabtu.

Tujuh desa yang tergenang sejak Kamis di Kecamatan Sidareja, yakni Sudagaran, Sidamulya, Sidareja, Gunungreja, Tegalsari, Tinggarjaya, dan Margasari.

Banjir bandang disebabkan meluapnya tujuh anak sungai Cibeureum. Wilayah Sidareja merupakan daerah langganan banjir. Tiap tahun, setiap musim hujan, kawasan yang berada di wilayah cekungan tersebut selalu dilanda banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com