Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi di Sidareja Mulai Terjangkit Penyakit

Kompas.com - 24/11/2012, 16:07 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com -- Warga pengungsi bencana banjir di Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (24/11/2012), mulai terserang penyakit. Kebanyakan pengungsi mengalami gatal-gatal, pusing, dan kembung.

Berdasar pantauan Kompas, pos kesehatan Puskesmas Sidareja di lokasi pengungsian kantor kecamatan diserbu warga. Mulai dari orang lanjut usia hingga balita.

Wahyuni (32) mengatakan, anaknya yang masih berusia 3 tahun menderita sakit gatal sejak Jumat malam. "Airnya kotor dan keruh. Tapi enggak ada pilihan lain, jadi tetap buat mandi," ujarnya.

Sementara Lasinah (82), kedinginan dan demam. Dia bertahan semalam di rumah meski banjir sudah menggenang hingga 1,2 meter.

Dokter Puskesmas Sidareja dr Sukomanah mengatakan, pasien yang diperiksa rata-rata menderita sakit gatal-gatal dan diare. "Kami melakukan pemeriksaan tekanan darah dan cek fisik lain," ujarnya.

Sejauh ini, dua warga sudah dirujuk ke rumah sakit. Satu orang dewasa, Juni Kurniawan (23) menderita tipus, sedangkan Fadilah (3) demam.

Sebanyak 3.300 rumah di Kecamatan Sidareja tiga hari terakhir terendam banjir setinggi 1,2 meter-1,5 meter. Jumlah pengungsi hingga kini mencapai 200 jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com