Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Feeder Busway" Bakal Diganti "Feeder" Sepeda?

Kompas.com - 26/11/2012, 13:18 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mematangkan upaya menekan angka kemacetan di Ibu Kota. Berbagai prasarana telah dievaluasi, mulai dari angkutan kota, jalur busway, sampai rencana revitalisasi semua moda angkutan umum. Teranyar, DKI bermimpi membuat sepeda sebagai feeder transportasi.

Ditemui seusai menghadiri rapat bersama Gubernur DKI Joko Widodo di gedung Balaikota Jakarta, Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono mengungkapkan rencana tersebut, yakni feeder sepeda meniru negara luar, seperti yang telah berhasil diterapkan di Guangzhou, China.

"Selama ini, kita bicara soal bike to work saja, nanti rencananya akan kami bikin feeder untuk sepeda juga," kata Pristono, Senin (26/11/2012).

Dia menjelaskan, feeder sepeda telah digunakan di Guangzhou dari stasiun kereta atau halte menuju tempat bekerja. Itulah mengapa Pemprov DKI merasa kebijakan ini dapat memberi dampak besar dalam upaya mengurai macet Jakarta. Namun, semuanya masih dalam kajian mendalam. Pemprov DKI mengajak sejumlah pakar transportasi untuk duduk bersama mematangkan wacana ini.

"Jadi, nantinya benar-benar bisa direalisasikan. Sampai saat ini kami terus mengundang para pakar transportasi untuk mendapat masukan," ujarnya.

Berita terkait dapat diikuti di topik :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com