Kompas.com - 26/11/2012, 13:18 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mematangkan upaya menekan angka kemacetan di Ibu Kota. Berbagai prasarana telah dievaluasi, mulai dari angkutan kota, jalur busway, sampai rencana revitalisasi semua moda angkutan umum. Teranyar, DKI bermimpi membuat sepeda sebagai feeder transportasi.

Ditemui seusai menghadiri rapat bersama Gubernur DKI Joko Widodo di gedung Balaikota Jakarta, Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono mengungkapkan rencana tersebut, yakni feeder sepeda meniru negara luar, seperti yang telah berhasil diterapkan di Guangzhou, China.

"Selama ini, kita bicara soal bike to work saja, nanti rencananya akan kami bikin feeder untuk sepeda juga," kata Pristono, Senin (26/11/2012).

Dia menjelaskan, feeder sepeda telah digunakan di Guangzhou dari stasiun kereta atau halte menuju tempat bekerja. Itulah mengapa Pemprov DKI merasa kebijakan ini dapat memberi dampak besar dalam upaya mengurai macet Jakarta. Namun, semuanya masih dalam kajian mendalam. Pemprov DKI mengajak sejumlah pakar transportasi untuk duduk bersama mematangkan wacana ini.

"Jadi, nantinya benar-benar bisa direalisasikan. Sampai saat ini kami terus mengundang para pakar transportasi untuk mendapat masukan," ujarnya.

Berita terkait dapat diikuti di topik :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.