Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Jakarta Pintar Mulai Dibagikan 1 Desember

Kompas.com - 27/11/2012, 15:58 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membagikan Kartu Jakarta Pintar (KJP) pada 1 Desember 2012. Rencananya, pada tahap awal, kartu tersebut akan dibagikan pada 3.008 siswa dari 111 sekolah (12 negeri dan 99 swasta).

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto menjelaskan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan membagikan KJP secara langsung di dua lokasi. Yang pertama di SMA Yappenda, Tanjung Priok, Jakarta Utara, untuk 1657 siswa, dan 1.066 kartu akan dibagikan di SMA Paskalis, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Yang di Jakarta Pusat itu gabungan wilayah pusat 705 siswa, timur 290 siswa, dan selatan 71 siswa," kata Taufik saat dijumpai di kompleks Balaikota Jakarta, Selasa (27/11/2012).

KJP ini merupakan salah satu program unggulan di bidang pendidikan hasil inisiasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kartu ini berpihak pada peserta didik yang tidak mampu atau miskin dan sumber dananya bersumber dai dana rawan putus sekolah masing-masing suku dinas pendidikan lima wilayah dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

KJP diperuntukkan sebagai biaya penunjang kebutuhan personal semisal transport, buku, sepati, baju, gizi, dan lain-lain. Nantinya, masing-masing siswa penerima akan memiliki KJP dalam format lartu ATM Bank DKI dengan suntikan dana sekitar Rp 240 ribu per bulan.

Tahun ini KJP hanya dibatasi untuk siswa di jenjang pendidikan menengah (SMA/SMK). Namun ke depan, Pemerintah DKI Jakarta tengah mengkaji untuk memberikan kartu serupa untuk siswa di jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP).

Berita terkait dapat diikuti di topik:

100 HARI JOKOWI-BASUKI

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com