Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DKI Akan Bangun 4 Pengolahan Sampah Terpadu

Kompas.com - 27/11/2012, 16:10 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta Eko Bharuna menyampaikan rencana pembangunan pengolahan sampah terpadu, Intermediate Treatment Facilities (ITF). Saat ini pembahasannya masih terus dilakukan, seiring dengan wacana membangun ITF di empat lokasi di Jakarta.

Pembangunan ITF itu tidak bersifat pengadaan dari Pemerintah Provinsi DKI, tetapi dilakukan melalui lelang terbuka. Adapun empat titik yang dibidik menjadi lokasi pembangunan itu adalah Sunter, Cakung Cilincing, Marunda, dan Duri Kosambi.

"Pembangunan ITF adalah salah satu program unggulan kami. Semuanya dilelang secara terbuka," kata Eko saat dijumpai di kompleks Balaikota Jakarta, Selasa (27/11/2012).

Di waktu sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku mendukung keberlanjutan megaproyek pembangunan ITF Sunter. Saat ini, kata dia, proyek tersebut tengah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai salah satu syarat berlangsungnya sebuah proyek besar. Karena di sisi lain, Pemerintah Provinsi DKI sengaja menggandeng BPKP sebagai pihak pengawas proyek ini.

Untuk proses penetapan pemenang tender akan dilakukan di akhir tahun ini. Dan rencananya pada awal tahun depan pembangunan ITF sudah mulai dilakukan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com